MADIUN – Satu Ramadan 2019 resmi jatuh, Senin (6/5). Seluruh umat Muslim melaksanakan tarawih perdana, Minggu (5/5). Tak terkecuali Walikota Madiun Maidi dan Wakil Walikota Inda Raya Ayu Miko Saputri yang melaksanakan tarawih perdana di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun.

Dalam kesempatan yang mulia tersebut 
Walikota Maidi mengucapkan selamat beribadah puasa kepada seluruh masyarakat Kota Madiun yang menjalankan ibadah Ramadan. Walikota mengajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Apalagi Ramadan bulan penuh rahmat dan keberkahan. Ramadan, lanjutnya, merupakan bulan penuh ampunan. Walikota mengajak masyarakat untuk berlomba mengharap ampunan dan ridho-Nya.

“Ramadan hanya sekali dalam setahun. Mari kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan iman, taqwa, dan sodaqoh serta ibadah lainnya. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT dan mendapatkan ridho-Nya,” kata walikota dalam sambutan sebelum pelaksanaan Salat Tarawih.

Pemerintah Kota Madiun menjadwalkan sejumlah kegiatan untuk menambah keimanan selama bulan suci. Mulai tarawih dan tadarus bersama, sahur dan buka puasa bersama, safari Jumat dan Nuzulul Quran. Safari Ramadan dengan kegiatan lomba hadroh dan bazar takjil juga akan mengemuka. Walikota Maidi rencananya juga akan melaksanakan iktikaf di sejumlah masjid.

Walikota mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kerukunan dengan saling menghormati. Baik yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan puasa. Kerukunan penting untuk menjaga kondusifitas di Kota Madiun. Berbagai kebijakan untuk mendukung pelaksanaan ibadah puasa juga mengemuka. Salah satunya, pembatasan jam buka bagi tempat hiburan malam.

“Jangan disia-siakan. Ini bulan yang penuh berkah dan ampunan. Mari kita senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya,” ajaknya. (Ws hendro/agi/diskominfo)