MADIUN – Walikota Madiun Maidi mengapresiasi gelaran Show Tunggal Ulfa Mumtaza bertajuk Chondra Anindya Batik yang terselenggara di Aston Hotel Madiun, Rabu (1/5). Event fashion ini menampilkan berbagai busana muslim yang dipadu dengan batik khas Jawa Timur bagian Barat. Khususnya, se-eks Karesidenan Madiun.

Dalam sambutannya, Maidi berharap event ini dapat meningkatkan ekonomi kreatif di Madiun dan sekitarnya. Untuk itu, pemkot akan terus mendukung perkembangan tersebut. “Kami akan disediakan window display yang isinya berbagai kerajinan dari wilayah Madiun dan sekitarnya,” tutur Maidi.

Maidi juga berpesan kepada pelaku industri kreatif agar senantiasa menampilkan ciri khas daerahnya. Sehingga, dapat menjadi ikon kebanggaan. Apalagi, diciptakan oleh putra daerah sendiri.

Lebih lanjut, Maidi berharap, karya-karya kreatif dari putra daerah ini tak hanya dikenal secara lokal saja. Tetapi, bisa merambah pasar nasional. Bahkan, internasional.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Bachsin dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Dekranasda Jatim Dyah Wahyu Ermawati juga menuturkan hal serupa. Menurutnya, kegiatan ini harus terus berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Tidak hanya memacu kreativitas, tapi juga upaya melestarikan batik khususnya di wilayah Jatim bagian Barat,” ujarnya.

Menurut Arumi, batik sebagai warisan budaya harus terus dilestarikan. Maka, dengan kegiatan event fashion show menjadi salah satu cara untuk terus meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap batik.

Ke depan, Arumi berharap tidak hanya kuantitas tapi juga kualitas batik semakin ditingkatkan. Selain itu, semakin banyak generasi muda yang mau terjun langsung menjadi pengrajin. Sehingga, batik tetap lestari. (WS Hendro/irs/diskominfo)