MADIUN- Tiap tahunnya 1 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pekerja Internasional. Pemerintah telah menjadikan hari pekerja sebagai hari libur nasional. Hal ini sebagai bukti bahwa pemerintah hadir memberikan perhatiannya kepada para pekerja agar dapat mengisi hari pekerja dengan hal-hal yang positif dan kreatif.

Seperti yang terlihat pagi ini, Rabu (1/5). Sebanyak 1100 pekerja lintas sektor dari pemerintahan dan perusahaan swasta di Kota Madiun memperingati May Day dengan kerja bakti bersama di lingkungan sekitar Pasar Besar Kota Madiun. Tak hanya pekerja, giat kali ini juga diikuti oleh Walikota Maidi, Wakil Walikota Inda Raya Ayu Miko Saputri bersama Sekda dan jajaran Forkopimda Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Walikota Maidi mengatakan bahwa pekerja merupakan aset yang berharga dalam pembangunan dan menentukan jalannya suatu usaha. “Tanpa pekerja, perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pekerja harus mendapat perlindungan dan kesejahteraan yang baik,” pungkasnya.

Dengan meluangkan waktu satu hari dari pekerjaan rutin, lanjutnya, para pekerja dapat berkumpul bersama dengan masyarakat. Hal ini, kata Maidi, dapat menjadi bukti kebersamaan yang baik antar pemerintah, pekerja, dan pengusaha dalam suasana yang aman dan kondusif.

Tak hanya itu, peringatan Hari Pekerja Internasional ini juga dijadikan sebagai momen peluncuran program Papan Baja (Pelatihan dan Penempatan Bagi Pencari Pencari Kerja) dengan 19 jenis pelatihan. Diantaranya memasak, menjahit, menyetir, dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Suyoto mengatakan, peringatan Hari Pekerja Internasional dipilih sebagai momentum yang pas untuk peluncuran program baru ini. ” Hal ini sesuai dengan visi-misi walikota dan wakil walikota dimana beliau ingin mewujudkan kemandirian ekonomi dan meratakan tingkat kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Maka, lanjutnya, pada kesempatan ini kami melaunching program papan baja. Dengan harapan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan bagi para pencari kerja, sekaligus agar nantinya para pencari kerja dapat menggunakan pengetahuannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Acara peringatan Hari Pekerja Internasional ditutup dengan hiburan musik dan juga pengumuman pemenang doorprize undian yang diberikan langsung oleh walikota dan wakil walikota beserta segenap jajaran Forkopimda Kota Madiun. 
(luki/ayu/kus/diskominfo)