MADIUN – Peringatan Hari Kartini rupanya belum habis di Kota Madiun. Kamis (25/4), ibu-ibu yang tergabung dalam Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika beserta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman menyelenggarakan event khusus untuk menghormati pahlawan emansipasi wanita tersebut.

Kegiatan berlangsung meriah di Taman Hiburan Demangan (THD). Berbagai perlombaan pun diselenggarakan untuk mengisi acara. Mulai dari menghias tumpeng, yel-yel, hingga tantangan kekompakan. Tak lupa, beragam hadiah menarik semakin meningkatkan semangat peserta dalam berkompetisi.

Ketua DWP Kota Madiun Yuni Setyowati Maidi pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia juga berpesan agar para perempuan di era saat ini tetap mengilhami cita-cita RA. Kartini.

“Perempuan harus maju dan terus mengembangkan diri. Inilah Kartini Kota Madiun di zaman now, zaman milenial yang siap melanjutkan perjuangan beliau,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Meski demikian, Yuni juga mengimbau kepada para perempuan, khususnya yang sudah berumah tangga, untuk tak lupa tugas dan kewajibannya di rumah. Yakni, sebagai seorang istri yang tetap menghormati suami. Serta, menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya.

“Salah satunya dengan menjaga kesehatan keluarga,” ujarnya. Menurut Yuni, stunting masih menjadi masalah yang juga terjadi di Kota Madiun. Karenanya, dia mengajak para ibu untuk turut serta memerangi stunting.

Di sisi lain, Walikota Madiun Terpilih Maidi mengimbau kepada para perempuan untuk memiliki kemandirian dan kreativitas. Sehingga, hidupnya tidak melulu bergantung kepada suami. “Kartini harus bisa mewakili bapak-bapak yang berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DWP Kominfo Hartini Subakri dan Ketua DWP Disperkim Erna Purwitasari mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak sekedar menjalin silaturahmi antar anggota DWP. Tetapi juga ajang sosialisasi lokasi menarik di Kota Madiun.

“Taman Demangan ini salah satu milik Kota Madiun. Harapannya bisa digunakan dan dijaga dengan sebaik-baiknya oleh kita bersama,” tandasnya. (Luki/dhevit/irs/diskominfo)