MADIUN- Perempuan harus mampu mandiri, memiliki kecerdasan dan ceria. Itulah yang tergambar dari acara peringatan Hari Kartini oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Madiun, pada Senin (8/4). Bertempat di Panti PKK Kota Madiun, sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam anggota tersebut, berdandan cantik bak kartini masa kini.

Ketua DWP Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi mengatakan perempuan harus mampu meneladani sifat yang dimiliki RA Kartini. “Dulu sebelum kemerdekaan, perempuan hanya boleh bekerja di rumah mengurus keluarga dan dapur saja. Tapi sekarang semua paradigma tersebut telah berbalik, perempuan harus mampu mandiri dan berkarya untuk keluarga,” ujarnya.

Perempuan masa kini, lanjutanya, harus mampu menjadi garda terdepan dalam pembangunan dan kemakmuran bangsa. Hal tersebut, kata dia, dapat dimulai dari lingkungan keluarga hingga masyarakat. Maka dari itu, untuk memupuk kreativitas dan kemandirian ibu-ibu, pada peringatan kali ini diadakan lomba wiru jarik.

“Lomba wiru jarik selain bertujuan untuk melestarikan budaya daerah juga sebagai ajang adu kreativitas ibu-ibu dalam berkreasi. Selain itu kalau ada acara yang mengharuskan menggunakan jarik, ibu-ibu tidak perlu lagi ke salon untuk membuatnya. Cukup dirumah saja,” jelasnya.

Tak hanya itu, acara peringatan hari kartini yang lebih awal ini juga sekaligus dikemas sebagai ajang sosialisasi pemilu yang tinggal beberapa hari mendatang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia.

Dengan meghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun Sasongko dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun Kokok HP sebagai narasumber. Para ibu tersebut diberikan pengarahan langsung mengenai tahapan pemilu 17 April mendatang, mulai dari tata cara pemilihan hingga praktek langsung mencoblos di bilik suara.

Ketua Bawaslu Kokok HP mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat perempun memiliki andil yang besar dalam kesuksesan pemilu mendatang. “Apalagi yang ada di sini merupakan istri-istri Aparatur Sipil Negara, diharap mereka nantinya bisa mengedukasi orang-orang di sekitar lingkungannya terkait pemilu ini,” tandasnya.
(ayu/luki/kus/diskominfo)

#100ThKotaMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaKarismatikMadiun