MADIUN – Kelurahan Nambangan Kidul terbukti kelurahan guyub rukun tahun ini. Hal itu dibuktikan dengan diraihnya predikat Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Terbaik (KPGRT) tingkat Kota Madiun yang telah selesai dilaksanakan beberapa hari lalu. Nambangan Kidul berhak mewakili Kota Madiun pada Tingkat Provinsi Jawa Timur dalam gelaran serupa ke depan. Pemkot Madiun melalui tim yang tergabung pada Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Terbaik terus melakukan pembinaan dan pendampingan untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi tersebut. Harapannya, Kelurahan Nambangan Kidul dapat maksimal dan dapat memberikan prestasi yang terbaik.

‘’Hari ini kita mengevaluasi semua titik yang akan disajikan pada lomba kelurahan berhasil tingkat provinsi. Harapannya tentu dapat maksimal sesuai ekpekstasi tim penilai nanti,’’ ungkap Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun Warsini.

Kelurahan Nambanganan Kidul menampilkan empat bidang. Di antaranya bidang kemasyarakatan, bidang sosial budaya, ekonomi, dan bidang lingkungan. Empat bidang tersebut terbagi ke dalam 61 titik yang akan dipantau tim penilai. Berbagai upaya ditempuh Pemkot Madiun agar maksimal dalam lomba ini. Mulai rapat koordinasi hingga pembekalan di lapangan. Warsini mengatakan pihaknya sudah melakukan tiga kali pertemuan. Pertemuan keempat ini sebagai tahap evaluasi.

‘’Semua sudah dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Pertemuan ini sudah final. Insya Allah, semuanya sudah siap. Mudah-mudahan bisa juara I di tingkat provinsi nanti,’’ harapnya.

Lurah Nambangan Kidul Sumarsono mengatakan bidang sosial budaya menjadi unggulan di kelurahannya. Salah satunya, wisata budaya Padepokan Setia Hati Terate. Menurutnya, pencak silat sudah banyak dikenal. Baik di Indonesia maupun dunia internasional. Tak sedikit warga anggota dari PSHT yang berasal dari luar negeri.

‘’Banyak sekali kegiatan budaya yang tersaji. Seperti kegiatan suroan dan sah-sahan. Kegiatan ini juga berefek pada UMKM yang berada di sekeliling padepokan,’’ papar Sumarsono.

Dia berharap peran semua pihak untuk turut membantu mengoptimalkan sejumlah titik yang dirasa belum maksimal. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengeksekusi bersama titik tersebut. Sumarsono menyebut besar harapan warga kelurahan Nambangan Kidul untuk memberikan hasil maksimal dan membanggakan Kota Madiun.

Sekedar informasi, Kelurahan Nambangan Kidul bakal bersaing kelurahan di Kota Surabaya, Kota Blitar, dan Kota Probolinggo. Sedang, kategori kabupaten terdapat Desa di Kabupaten Madiun, Ponorogo, Pacitan, dan Kabupaten Banyuwangi. (devit/adit/diskominfo)