Madiun – Keterbukaan informasi publik sebagai amanat dari UU Nomor 14 Tahun 2008 terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Madiun. Salah satunya melalui pelayanan informasi di PPID Kota Madiun. Sebagai pendukung menjadi salah satu smart city sesuai arahan dari Pemerintah Pusat, PPID Kota Madiun terus beruapaya memaksimalkan penggunaan website pemerintahan dalam menyajikan informasi publik.

Menindaklanjutinya tentunya juga diperlukan keaktifan dari PPID Pembantu. Salah satu upaya dilakukan untuk mengaktifkan PPID Pembantu yakni diselenggarakan PPID Award dimana sebagai penghargaan bagi PPID Pembantu yang menyajikan informasi diweb PPID Pembantu yang dikelola.

“Penghargaan PPID Award tahun lalu pasti menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi motivasi khususnya bagi BPBD,” ungkap Ahmadi admin PPID Pembantu yang memperoleh penghargaan di PPID Award Tahun 2018 saat dikunjungi Tim Monev, Rabu (14/3).

Untuk menambah informasi, Ahmadi berharap PPID Kota Madiun dapat mengumpulkan semua admin PPID Pembantu untuk diskusi. Dengan diskusi, semua admin bisa berbagi permasalahan dan solusi bersama. Sehingga semua web di PPID Pembantu menyajikan informasi yang cepat dan akurat. “Bisa saling tukar informasi maupun masalah dalam pengelolaan web PPID Pembantu. refresh materi, dan tukar pikiran,”ungkapnya.PPID Pembantu dikelola masing-masing OPD, Badan, Bagian, Kecamatan sampai Kelurahan. Sehingga informasi yang disampikan, akurat dari pihak yang bertanggung jawab. Dan dibutuhkan fasilitas tambahan guna mendukung tersampaikan informasi kepada masyarakat. “Tingkatkan informasi, tentunya dibutuhkan koneksi yang lancar,” sambungnya

Apalagi ketika musim hujan seperti ini, BPBD membutuhkan koneksi internet yang lancar. Karena pada saat hujan, BPBD selalu siaga untuk merespon laporan dari masyarakat. Dengan internet yang cepat, tentu kinerja BPBD untuk merespon laporan dari masyarakat semakin maksimal. ”Kejadian bencana banjir, banyak masyarakat kabupaten yang kontak kami. dapat diakses semua masyarakat kota madiun dan sekitarnya.”pungkasnya. Visitisasi Tim Monev PPID Utama kali ini berkunjung ke lima OPD se-Kota Madiun. Diantaranya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun, Dinas Perpustakaan, Dinas Perhubungan dan terakhir Tim Monev visitisasi ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.