MADIUN- Menuju gelaran pesta demokrasi yang akan dilaksanakan dalam waktu kurang dari 38 hari, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun mengumpulkan para stakeholder Kota Karismatik untuk diajak duduk bersama dalam rangka menjalin sinergitas peserta dan penyelenggara pemilu, pada Sabtu (9/3).

Rapat koordinasi (rakor) yang dikemas secara santai namun interaktif tersebut menghadirkan setidaknya enam narasumber perwakilan dari tiap lembaga pemerintahan maupun lembaga vertikal yang ada di Kota Madiun, dengan mengangkat tema yang berbeda-beda di tiap sesinya.

Diantaranya adalah membahas mengenai peran pemerintah daerah dalam penegakan kampanye 2019 dan membahas mengenai cara mengidentifikasi politik uang sebagai upaya pencegahan pelanggaran masa kampanye dan pungut hitung pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko mengatakan selain untuk membangun sinergitas, rakor yang dihadiri 115 orang dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) beserta Polri dan TNI ini, juga bertujuan untuk membangun koordinasi dan pengawasan partisipatif antara bawaslu dan stakeholder.

“Meskipun bisa dikatakan Kota Madiun ini kecil, total tiga kecamatan dengan 27 kelurahan yang ada. Namun kita tidak boleh lengah, mengingat pemilu merupakan hajat bersama. Banyak yang menjadi perhatian agar tercipta pemilu yang luberjurdil,” jelasnya.

Para stakeholder, lanjutnya, memiliki andil cukup besar dalam pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran pada pemilu 17 April mendatang. Maka dari itu, sinergitas harus terus dibangun dan pemahaman mengenai pemilu mendatang harus disamakan dari masing-masing pihak.

“Agar semua tahu mana yang diperbolehkan dan mana yang termasuk pelanggaran. Stakeholder memiliki kewajiban juga untuk ikut mensosialisasikan kepada para anggotanya,” ujarnya.

Kokok berharap, melalui rakor ini dapat terjalin sinergi yang baik antar semua elemen di masyarakat. Karena, dia mengatakan bahwa untuk mewujudkan demokrasi yang aman dan kondusif merupakan tanggung jawab bersama.
(luki/kus/madiuntoday)

sumber:http://madiuntoday.id