MADIUN- Kesehatan dan kebersihan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Bukan hanya menjadi tanggung jawab kawula muda, para lansia pun memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Hal inilah yang coba ditekankan Walikota Sugeng Rismiyanto dalam giat senam lansia yang diadakan pada Jumat (1/3). Senam lansia memang menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Pemkot Madiun melaluiDinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Senam lansia ini supaya kita punya daya tahan tubuh yang baik. Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi,” ungkapnya.

Bukan hanya untuk kesehatan, lanjutnya, para lansia dikumpulkan sebagai wadah untuk menyampaikan informasi penting mengenai perkembangan di Kota Madiun, khususnya mengenai kondisi lingkungan selama musim penghujan.

“Bapak dan ibu dikumpulkan disini sekaligus untuk menyampaikan beberapa informasi penting mengenai kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Musim penghujan, kata dia, menjadi saat dimana nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak. Untuk mencegahnya, kebersihan lingkungan sekitar perlu ditingkatkan.

“Ini menunjukan kita dituntut untuk selalu waspada dalam segala macam musim. Di tiap kelurahan sudah ada jumantik, saya harapkan semua masyarakat ikut serta bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Dalam giat kali ini, tak hanya senam yang menjadi fokus utama para lansia. Namun, mereka juga mendapatkan fasilitas cek kesehatan gratis terkait tensi dan juga gula darah.

Nantinya, senam lansia akan terus dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Pada tahun ini, rencananya senam lansia diadakan selama 10 kali.

(dhevit/kus/ayu/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaMadiunKarismatik