MADIUN – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tumbuh subur di Kota Madiun. Tercatat, lebih dari 20 ribu UMKM ada di kota pecel sampai saat ini. Minat bisnis masyarakat Kota Madiun yang tinggi ini, menarik perhatian Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Madiun. Salah satu Badan Umum Milik Negara (BUMN) dibidang perbankan ini menawarkan permodalan kepada Pemkot untuk UMKM. Hal ini disampaikan Pimpinan Cabang BRI Madiun saat audiensi dengan Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto, Rabu (30/1).

‘’Pada prinsipnya BRI Madiun siap membantu permodalan untuk UMKM yang ada di Kota Madiun melalui berbagai program di BRI. Ini tentu harus disambut baik,’’ kata Walikota Sugeng Rismiyanto usai menemui pimpinan dan perwakilan karyawan BRI Cabang Madiun.

Hal itu, kata dia, sudah menjadi komitmen BRI untuk membantu permodalan usaha rakyat. Pun, penyaluran kredit terbesar di BRI juga kepada UMKM. Apalagi, suku bunga juga cukup terjangkau. Pelaku UMKM dapat meminjam modal dengan bunga rendah.

Walikota menambahkan, kedatangan pimpinan BRI juga terkait Corporate Social Responsibility (CSR). CSR ini bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di Kota Madiun. Hal tersebut tak lain sebagai upaya bersama memajukan Kota Madiun.

‘’Memajukan suatu daerah memang menjadi tanggung jawab bersama. BRI sebagai BUMN perbankan di tanah air sudah melakukan perannya dengan baik. Terbukti telah banyak memberikan dampak positif bagi Kota Madiun,’’ imbuhnya sembari menyebut kedatangan sekaligus perkenalan pimpinan cabang BRI Madiun yang baru.

CSR sebagai salah satu sumber dana selain APBD tentunya harus dikaji terlebih dulu sebelum digunakan. Tidak boleh keluar dari aturan. Pembangunan hasil dari CSR bisa dimanfaatkan masyarakat.

‘’Untuk CSR perlu tindak lanjut dengan tim dari Pemkot untuk dikoordinasikan dulu,’’ jelas walikota.

Hal senada diungkapkan Pimpinan Cabang BRI Madiun Budi Santoso. Pihaknya konsisten secara bersama-sama membantu pengembangan bisnis di tingkat bawah. Ini bukti komitmen BRI untuk terus memberdayakan UMKM. Terkait CSR, Budi mengaku siap demi pembangunan di Kota Madiun. Hasil laba ini dapat dimanfaatkan kembali untuk masyrakat.

‘’Kami fokus pada UMKM dan siap membantu permodalan,’’ katanya. (nurdiono/adit/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaMadiunKarismatik