MADIUN – Sejak resmi launching pada pertengahan Desember lalu, aplikasi iMadiun dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun semakin diminati masyarakat. Setiap hari, jumlah pendaftarnya pun semakin banyak. Judul buku yang diminati pun beragam.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto. Selama 1-29 Januari 2019, tercatat ada 81 pendaftar baru. ”Yang menginstall aplikasinya sudah lebih dari 500 pengunjung,” tuturnya saat ditemui, Selasa (29/1).

Ya, iMadiun memang menyediakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan membaca masyarakat. Hanya dengan menginstall aplikasinya di Google Play Store Android, mereka bisa mengakses perpustakaan digital itu. Tentunya, setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi oleh admin perpustakaan.

iMadiun juga dapat diakses melalui perangkat komputer. Caranya, dengan mengklik link yang tersedia dalam situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di website madiunkota.go.id.

Saat ini, terdapat 1.588 judul buku yang tersedia di perpustakaan digital iMadiun. Masing-masing judul terdapat dua eksemplar yang dapat diakses masyarakat. Sehingga, total keseluruhan koleksi dalam perpustakaan digital iMadiun lebih dari 3 ribu eksemplar.

Ke depan, lanjut Ahsan, pihaknya akan berupaya mengembangkan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan digital. Sehingga, bisa semakin memenuhi kebutuhan warga. Juga, meningkatkan minat baca masyarakat. Khususnya, di Kota Madiun. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

sumber : https://madiuntoday.id