MADIUN – Pohon memiliki peran penting bagi dunia. Sebagai penyedia karbon dan oksigen, pohon menjadi sumber daya untuk menopang kehidupan. Dunia tanpa pohon seperti manusia tanpa paru-paru.

Namun, berbagai pembangunan fisik di suatu wilayah seakan mempersempit area penghijauan. Jika dibiarkan, lama-lama makhluk hidup tak akan bisa merasakan nikmatnya manfaat pohon.

Untuk mencegah hal itu, pembelajaran tentang pentingnya menanam pohon terus ditularkan. Salah satunya, melalui program Adiwiyata untuk pelestarian lingkungan yang dimulai dari sekolah.

Contohnya seperti kegiatan yang dilakukan oleh SDN 01 Klegen Kota Madiun, Kamis (10/1). Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia, para guru mengajak siswa untuk menanam tanaman di area sekolah.

‘’Tujuannya, untuk program pelestarian lingkungan. Sekaligus menunjang program Adiwiyata di sekolah kami,’’ tutur Kepala SDN 01 Klegen Siti Anisyah.

Kepala sekolah yang akrab disapa Anis itu menuturkan, berbagai jenis tanaman disediakan oleh siswa dan wali murid. Masing-masing kelas menyediakan 10 tanaman. Antara lain, Bougenville, puring, kenangan, dan melati.

Tak hanya menanam, ke depannya siswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan perawatan tanaman sekolah. Seperti menyiram tanaman, membersihkan daun yang gugur, hingga proses daur ulang menjadi bahan lain yang bermanfaat.

Program Adiwiyata tak melulu tentang upaya penghijauan area sekolah. Tetapi, juga program menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Termasuk di antaranya membuat bahan daur ulang, memilah sampah, dan mengurangi penggunaan plastik di sekolah.

Program Adiwiyata juga dimaksudkan untuk membentuk karakter siswa yang cinta terhadap lingkungan. Pembiasaan sejak dini itu diharapkan dapat tertanam dalam benak siswa. Sehingga, mereka akan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan.

Terkait penanaman pohon, Anis berharap kegiatan ini bisa membuat area sekolah semakin rindang. Sehingga, lebih nyaman untuk kegiatan pembelajaran. ‘’Memperbanyak oksigen sekaligus untuk meningkatkan sumber air,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

sumber : http://madiuntoday.id