MADIUN- Tak dapat dipungkiri, tiap harinya jumlah kendaraan bermotor di jalanan kian meningkat. Hal ini berdampak pada minimnya lahan parkir dan kesadaran pengguna kendaraan untuk tertib dalam memarkir kendaraan miliknya.

Maka dari itu, demi terciptanya keteraturan dalam berparkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun sudah menyiapkan sanksi tegas bagi pengguna kendaraan bermotor yang sengaja memarkir kendaraan mereka di sembarang tempat. Sanksi tersebut berupa penggembosan ban hingga derek bagi pengguna yang melanggar aturan.

“Kami akan berlakukan sanksi per 1 Februari 2019. Sekarang masih dalam bentuk peringatan berupa penempelan stiker di kendaraan yang melakukan pelanggaran,” ujar Kabid Angkutan Darat Dishub Iman Suaidi.

Iman menjelaskan, penggembosan ban diberlakukan untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, sanksi yang diberlakukan berupa penggembokan hingga menderek kendaraan yang sengaja parkir di sembarang tempat.

Tindakan tegas tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan larangan parkir sebagaimana yang sudah diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 106 ayat (4) dan peraturan daerah Kota Madiun nomor 37 tahun 2018 tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan, pasal 36 ayat (2).

Iman menuturkan, pihaknya akan memfokuskan untuk menertibkan parkir sembarangan pada beberapa titik yang menjadi pusat keramaian di Kota Madiun. “ Misalnya seperti di Alun-alun, lalu ke jalan Agus Salim. Pastinya nanti penertiban akan dilakukan bertahap di sejumlah titik yang ramai,” terangnya.

Dia mengatakan, Dishub juga telah membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang ingin mengadukan tindak pelanggaran dalam pelayanan umum dibidang perhubungan darat, meliputi lalu lintas, angkutan jalan dan perkeretaapian.

“Pengaduan kita juga sudah adakan, langsung hubungi nomor telepon yang tertera di website dishub,” ungkapnya.

Iman berharap, dengan adanya sosialisasi penertiban dan penindakan dalam hal parkir sembarangan, masyarakat dapat lebih sadar dan lebih tertib berkendara dan memarkir kendaraannya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

sumber: http://madiuntoday.id/