MADIUN – Notaris merupakan profesi penting lagi dibutuhkan. Pejabat notaris mempunyai kewenangan membuat akta otentik penting. Pekerjaannya juga penuh resiko. Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto berharap profesi notaris semakin professional dan selalu mengedepankan aturan.

‘’Ketika membuat dokumen jangan sampai timbul masalah dikemudian hari. Artinya, butuh ketelitian yang tinggi. Seorang notaris juga harus tahu sejarah obyek yang akan dijadikan sebuah dokumen penting. Jangan mengambil langkah yang sifatnya nepotisme,’’ kata walikota saat silaturahmi bersama Ikatan Notaris Indonesia dan PPAT se-karisidenan Madiun di Sun Hotel Madiun, Kamis (20/12).

Intinya, lanjut dia, notaris dapatnya melakukan tugas secara benar. Sebab, hukum tidak mengenal batas. Masalah biasanya datang dari diri kita sendiri. Makanya, manajemen notaris yang baik penting adanya. Harapannya, masyarakat sadar akan kepastian hukum. Notaris juga berkewajiban mempunyai satu kantor notaris dalam tempat kedudukannya. Tujuannya, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik.

‘’Notaris ini dibutuhkan masyarakat. Saya harap para notaris ini dapat melayani masyarakat, khususnya masyarakat Kota Madiun dengan baik,’’ ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Jawa Timur Bambang Heru menyebut kegiatan sebagai ajang silaturahmi antara notaris dengan pemerintah daerah. Harapannya, terjalin sinergitas yang baik dan saling membantu. Kerjasama yang baik ini diharap dapat meminimalkan kemungkinan gesekan yang mungkin muncul.

‘’Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memperluas pemahaman kita terhadap aset negara serta segala pengetahuan tentang kode etik notaris. Kami juga meminta adanya pendampingan dan dukungan aktif dari pemerintah sehingga peran kami dapat berjalan dengan lancar,’’ ungkapnya.

Bambang mengakui peran serta pemerintah daerah telah membuahkan hasil. Buktinya program notaris masuk desa telah terlaksana. Program tersebut dapat membantu memberi pemahaman masyarakat tentang segala proses status hukum atas kepemilikan tanah dan bangunan.

Bambang Heru bersama Ketua pengurus INI eks Karisidean Madiun Yanti Lukitowati memberikan cinderamata kepada Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto di akhir acara. (nurdiono/tia/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaMadiunKarismatik