MADIUN – Peringatan Hari Ibu di Kota Madiun tahun ini terasa berbeda. Selain diperingati melalui upacara, peringatan Hari Ibu ke-90 berlanjut dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya, seminar bertemakan perempuan. Tujuannya, untuk meningkatkan peran perempuan Kota Madiun disetiap aspek pembangunan.

‘’Kegiatan ini untuk mendorong pemangku kepentingan agar semakin memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,’’ kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Sri Ismah Sugeng Rismiyanto saat membuka seminar Gedung Diklat, Senin (17/12).

Permasalahan perdagangan perempuan dan eksploitasi anak menjadi tema seminar. Peserta diharap semakin menerpakan penanaman nilai-nilai luhur kepada keluarga. Ini penting untuk membentuk karakter dan budi pekerti anak sebagai ketahanan keluarga.

‘’Ketahanan keluarga menjadi pondasi di dalam penerapan kehidupan yang harmonis, damai dan religious. Sebaliknya, banyak kasus kekerasan hingga perdagangan perempuan dan eksploitasi anak berawal dari keluarga yang kurang harmonis,” ungkapnya.

Istri Walikota Madiun ini optimis perempuan mampu dan bisa mengembangkan potensinya. Asal, harus diberikan peluang dan kesempatan. Ini sudah terbukti disejumlah bidang. Salah satunya kesahatan. Kota Madiun mampu meraih banyak prestasi dibidang kesehatan dengan pemimpin seorang perempuan.

‘’Ini terbukti di era sekarang, perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan aatau agent of change,” jelasnya.

Perempuan jaman now, wajib memahami persamaan hak dan kewajiban dengan laki-laki. Pembagian tugas, peran, dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki penting dilakukan. Mulai lingkup keluarga, masyarakat, hingga berbangsa dan bernegara.

Perempuan selalu mendapat ruang tersendiri dalam pengambilan kebijakan di Kota Madiun. Baik di instansi pemerintah dan non pemerintah. Kesetaraan hak dan kewajiban antara perempuan dan laki-laki juga untuk mengurangi kesenjangan akses ekonomi. (lucky/adit/diskominfo)

#100ThKotaMadiun
#KotaMadiunKarismatik
#IndonesiaBicaraBaik