MADIUN – Kreatifitas dan bakat yang dimiliki anak-anak perlu dan penting dikembangkan. Apalagi yang berkaitan dengan kesenian warisan nenek moyang. Mulai karawitan, dalang, dan vokal sindenan. Pemkot Madiun melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Budparpora) setempat sengaja menggelar festival sejumlah kesenian itu. Tujuannya, melestarikan budaya serta memberikan wadah bagi generasi muda.

‘’Kota Madiun merupakan kota berbudaya. Beragam kebudayaan ada di Kota Madiun. Berbagai upaya terus kami lakukan demi kemajuan, pelestarian, dan peningkatkan budaya luhur ini,’’ tutur Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun Agus Purwo Widagdo saat pembukaan Festival Karawitan, Dalang, dan Vokal Sindenan di Gedung Kesenian, Senin (17/12).

Kesenian, lanjutnya, juga sebagai alat keseimbangan akan jasmani dan rohani. Sebab, terdapat nilai-nilai kerohanian di dalam kesenian. Selain itu, dapat membekali anak ke depan agar tidak hanya pandai di bidang akademiknya.

Festival diikuti ratusan siswa tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA Kota Madiun. Tak heran, heboh nan menarik. Agus Purwo menambahkan generasi muda Kota Madiun antusias dalam mengembangkan budaya asli Jawa ini. Kesenian bukan hanya tontonan semata. Namun, juga menjadi tuntunan.

Kegiatan, kata dia, juga sebagai pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kota Madiun. Ini penting mengingat Kota Madiun tidak banyaj memiliki sumber daya alam (SDA). Tak ayal, pembangunan potensi SDM penting. Ini juga sebagai wahana pengembangan pelaku-pelaku seni guna melestarikan kebudayaan warisan ini.

‘’Infrasuktur budaya yang baik ini diharap menjadi destinasi wisata di Kota Madiun. Berkembangnya destinasi wisata ini secara otomatif juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ imbuhnya sembari menyebut kegiatan merupakan salah satu rangkaian Madiun Tempo Dulu yang akan digelar 21 Desember mendatang.

Terkait festival, peserta wajib membawakan gending Jawa Kota Karismatik Madiun dengan durasi penampilan 15 menit. Kriteria penilaian meliputi kreatifitas, aransemen, teknik, serta penampilan secara keseluruhan.

Peserta merebutkan juara 1, 2, 3 serta juara harapan 1, 2, 3 dengan hadiah thropi, piagam pengaharagaan serta uang pembinaan. (nurdiono/tia/diskominfo)

#100ThKotaMadiun
#KotaMadiunKarismatik
#IndonesiaBicaraBaik