MADIUN – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada segenap stakeholder dan masyarakat terkait peraturan daerah (Perda) yang ada. Pada Senin (17/12) Pemerintah Kota Madiun melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah melakukan sosialisasi tentang 32 Perda yang telah ditetapkan pada tahun 2017,

Bertempat di Wisma Haji Kota Madiun, para peserta yang berasal dari lembaga perwakilan masyarakat kelurahan (LPMK), RT, RW, serta perwakilan dari tokoh masyarakat se Kota Madiun mendapatkan sosialisasi mengenai substansi materi Perda langsung dari Asisten Pemerintahan Kota Madiun.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekda Rusdiyanto. Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa Perda merupakan suatu produk hukum yang mempunyai fungsi sebagai instrumen kebijakan untuk menjalankan otonomi daerah sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

“Perda merupakan penampung dan penyalur aspirasi masyarakat daerah. Oleh karena itu, dalam hal ini Pemkot memberikan pemahaman dan penjelasan tentang masing-masing substansi materi,” ucapnya.

Sosialisasi Perda, kata dia, yang telah ditetapkan pada tahun 2017 secara langsung sudah disampaikan kepada Ketua RT dalam bentuk lembaran lepas materi substansi Perda. Sosialisasi ini diadakan untuk memberikan pemahaman lebih, sekaligus diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di Kota Madiun sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

“Saya berharap para peserta yang hadir saat ini dapat menyampaikan dan meneruskan kepada segenap warga di lingkungannya, terkait sosialisasi Perda Kota Madiun,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Madiun Budi Wibowo mengatakan, bahwa sosialisasi ini sekaligus merupakan upaya Pemkot dalam meningkatkan ketaatan hukum terhadap segenap masyarakat Kota Madiun.

“32 Perda yang ada berfungsi sebagai aturan baku dalam menjalankan roda pemerintahan kota. Maka dari itu dibutuhkan sinergitas yang baik antar pemerintah dan masyarakat Kota Madiun itu sendiri,”tandasnya.
(ws hendro/kus/farid/ayu/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaMadiunKarismatik