MADIUN – Puncak pesta demokrasi masyarakat semakin dekat. Kondusifitas wajib terus ditingkatkan. Harapannya, gelaran pileg dan pilpres dapat berjalan lancar, aman, dan bermartabat.

‘’Tahapan demi tahapan sudah dan akan dilalui. Artinya, semakin mendekati puncak pesta demokrasi. Masyarakat harus dipahamkan. Terutama dalam menjaga kondusifitas selama gelaran hingga setelahnya nanti,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat Rakor Forkopimda Bersama Awak Media di Ruang 13, Rabu (12/12).

Kondusifitas, kata dia, merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya aparat penegak hukum atau pemerintah semata. Termasuk juga awak media. Bahkan, media memegang peran penting dalam menjaga kondusifitas. Media harus menjadi contoh. Tidak membuat berita yang meresahkan. Tidak menyebar kebohongan. Sebaliknya, media wajib menjadi alat klarifikasi terakhir seiring banyaknya berita hoax.

‘’Media juga harus dapat mengemas informasi secara baik. Tetap mengedepankan fakta namun mengemas secara menyejukkan,’’ imbuhnya.

Ini penting, mengingat kondisi sosial dalam tahapan politik seperti ini rawan konflik. Sedikit bumbu saja, dampaknya bisa luar biasa. Apalagi, disinyalir banyak pihak yang sengaja menciptakan kondisi seperti ini demi keuntungan pribadi maupun golongan. Konflik dapat berdampak luas. Ujungnya, masyarakat yang dirugikan.

‘’Media harus menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Wajib berlandaskan aturan, kaidah jurnalistik, dan Pancasila tentunya. Kalau ini dijalankan, optimis kondusifitas dapat terjaga dengan baik,’’ ungkapnya.

Media, lanjutnya, memiliki fungsi edukasi. Ini melekat disegala bidang. Termasuk politik. Walikota berharap media menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat. Bukan sekedar alat kampanye. Namun, juga aturan dan tata cara berpolitik. Ini penting agar masyarakat mendapat gambaran yang sesuai dan tidak mudah dipengaruhi oknum tak bertanggung jawab.

‘’Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama. Bahkan, media memegang peranan penting dalam hal ini. Kami berharap seluruh pihak dapat bersinergi untuk mewujudkan itu semua,’’ pungkasnya. (nurdiono/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik
#IndonesiaBicaraBaik