MADIUN – Plaza Lawu Madiun (PLM) resmi dibuka, Rabu (12/12). Plaza hasil metaforfosis Pasar Raya Sri Ratu itu dibuka langsung Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto. Berbagai hal baru mengemuka. Berbagai manfaat muncul. Mulai untuk pemerintah daerah dan masyarakat tentunya.

‘’Ada banyak kontribusi yang didapat pemerintah daerah dengan adanya investasi ini. Mulai kontribusi tetap hingga yang bagi hasil laba. Selain itu, tentu saja banyak lowongan pekerjaan untuk masyarakat,’’ kata walikota usai pembukaan.

Pemkot Madiun mendapat kontribusi tetap sebesar Rp 1,25 miliar setiap tahun. Saat ini sudah memasuki pembayaran tahun kedua. Selain itu, Pemkot juga masih mendapat bagi hasil laba atau profit sharing sebesar 7,5 persen. Selain itu, untuk rehab bangunan Pemkot Madiun mendapat Rp 31 miliar. Duit ini tidak diberikan secara tunai. Tapi diinvestasikan dalam bentuk rehab gedung.

‘’Investasi yang didapat tentu menjadi pendapatan daerah yang peruntukkanya kembali untuk masyarakat,’’ imbuhnya.

Selain itu, ada banyak manfaat langsung untuk masyarakat. Walikota menyebut PT Sritanaya Megatama investor PLM siap memberikan ruang tersendiri untuk UMKM Kota Madiun. Ini tentu satu peluang menguntungkan. Selain itu, PT Sritanaya dan tenant di dalamnya siap merekrut tenaga dengan mengutamakan masyarakat Kota Madiun. Salah satunya, Ramayana Prime yang sudah mulai buka hari ini. 200 lebih karyawan Ramaya merupakan masyarakat Kota Madiun.

‘’Investasi harus menguntungkan. Baik untuk pemerintah dan terutama masyarakat. Tetapi, masyarakat juga harus berperan aktif mendukung dan meramaikan. Paling tidak turut menjaga keamanan agar investor nyaman,’’ harapnya.

General Manager PT Sritanaya Megatama Purhandoko menyebut kewajiban kontribusi sudah berjalan. Ini memasuki pembayaran tahun kedua yang jatuh temponya masih 28 Desember nanti. Pihaknya juga bakal mengedepankan masyarakat Kota Madiun. Mulai untuk rekrutmen karyawan hingga kesempatan bagi pelaku usaha. Pihaknya menyebut sudah lebih dari 50 persen tenant yang sudah buka saat ini. Terutama Ramayana Prime yang paling besar. Ini diharap menjadi embrio tenant lain untuk segera buka.

‘’Kami menargetkan seluruh tenant sudah terisi penuh sebelum semester pertama tahun depan,’’ terangnya. (dhevit/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik
#IndonesiaBicaraBaik