MADIUN – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas 1 Madiun terasa berbeda tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, pihak lapas mendatangkan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun sebagai pembicara. Peringatan kian gayeng dengan suguhan musik dari Kiai Kanjeng yang berkolaborasi dengan Gamelan Lapas, grub kesenian nara pidana Lapas Klas 1 Madiun.

‘’Apa yang sudah dilakukan lapas ini luar biasa. Peringatan bisa lebih mengena dengan mendatangkan kiai sekelas Cak Nun,’’ kata Sekda Kota Madiun Rusdiyanto saat menghadiri peringatan Maulid Nabi di Lapas Klas 1 Madiun, Kamis (29/11).

Kehadiran Cak Nun, kata Sekda, benar-benar membawa euforia tersendiri. Ratusan narapidana yang hadir tampak antusias. Apalagi, Cak Nun membawakan tausiyahnya secara ramah di telinga. Ringan namun mudah dicerna. Bumbu-bumbu humor khas istri Novia Kolopaking ini menambah peringatan Maulid semakin gayeng.

‘’Cak Nun merupakan ulama besar namun selalu merendah. Tidak sombong. Bahkan, selalu menghargai masyarakat kecil hingga para nara pidana sekalipun,’’ imbuhnya.

Sekda berharap apa yang mengemuka dalam peringatan dapat dipetik hikmahnya. Seusai acara semakin menambah ketaqwaan dan keimanan semua. Sekda menyebut tak masalah berstatus nara pidana. Sebab, semua orang pernah punya salah. Namun, yang terpenting setelah bebas nanti dapat kembali menjadi masyarakat yang seutuhnya. Ilmu yang didapat selama menjalani hukuman merupakan modal berharga.

Kepala Lapas Klas 1 Madiun Suharman menyebut sinau bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng ini sengaja untuk menambah wawasan keagaman warga binaannya. Sosok Cak Nun yang bersahaja dirasa tepat untuk memberikan pencerahan bagi warga binaan. Pihaknya menyebut memiliki 1.105 warga binaan saat ini. 60 persen di antaranya merupakan kasus narkoba. Beberapa di antarnya ada yang divonis hukuman mati, seumur hidup, juga ada yang divonis puluhan tahun. Pihaknya juga memiliki nara pidana terorisme.

‘’Acara bukan hanya sebagai peringatan Maulid Nabi, tapi juga sebagai pembinaan di bidang keagamaan. Kami juga bekerja sama dengan ponpes untuk pembinaan warga kami,’’ terangnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

#100ThKotaMadiun
#KotaMadiunKarismatik