MADIUN – Pemberdayaan masyarakat dapat dibangun melalui beragam cara. Khususnya, dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan kader PKK. Ini penting mengingat organisasi PKK berhubungan langsung dengan masyarakat. Jambore kader PKK se-kota Madiun digelar. Bertempat di Wisma Haji, jambore dengan tema mewujudkan keluarga yang sejahtera ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kader PKK.

‘’Kegiatan ini diharap dapat meningkatkan keterampilan dan memotivasi kader dalam membangun semangat kepedulian terhadap keluarga dan masyarakat serta menjaring tali silaturahmi dan komunikasi antar kader PKK,’’ ungkap ketua panitia Sri Suparmiati, Selasa (27/11).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Sri Ismah Sugeng Rismiyanto mengatakan Tim PKK merupakan pengelola gerakan pemberdayaan masyarakat yang dapat menjadi motivator dalam menggerakkan keluarga serta ikut mensukseskan pembangungan. Ismah berharap agenda jambore yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini dapat memberikan nilai lebih kepada kader PKK. Tujuannya jelas, agar kader lebih terampil dalam menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya sebagai abdi masyarakat.

‘’Selain itu, kader PKK dapat mewujudkan kegiatan nyata di masyarakat dalam mendukung 10 program pokok PKK. Ini perlu mengingat pentingnya peran keluarga sejahtera dalam menciptakan negara yang aman dan tentram,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kota Madiun Heri Suwartono mengapresiasi kader PKK akan semangat dan dedikasinya yang nyata serta tanpa pamrih dalam pengabdian kepada masyarakat. Apalagi, sudah terbukti di tingkat nasional.

Acara jambore dikemas dalam ajang kreasi serta hiburan. Mulai lomba menyusun puzle logo PKK, senam gembira, pangruti layon, daur ulang dari limbah kresek, lomba jingle serta lomba merangkai kata dalam syair dan lagu. Uniknya, syair dan lagu mengandung pesan moral dalam tugas dan fungsi kader PKK. (lucky/tia/ayu/diakominfo)

#100ThKotaMadiun
#KotaKarismatikMadiun