MADIUN – Meningkatkan kualitas pendidikan bukan menjadi tugas sekolah dan pemerintah saja. Tetapi, juga masyarakat secara umum. Karena itu, diperlukan peran serta warga untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter.

Hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat menghadiri kegiatan di Gedung Pertemuan Adiwiyata Dinas Pendidikan Kota Madiun, Jumat (23/11). ‘’Keluarga juga tempat pendidikan, begitu pula masyarakat,’’ ujarnya.

Menurut Sugeng, anak-anak sejak dini hingga menjadi remaja dan dewasa dibentuk oleh lingkungannya. Karena itu, pendidikan dalam keluarga sebaiknya juga terkoneksi dengan peran sekolah dan masyarakat.

Kota Madiun, lanjut Sugeng, merupakan pengembangan Jawa Timur wilayah barat. Secara topografi, daerah berjuluk Kota Karismatik ini tidak memiliki sumber daya alam. Dengan demikian, sumber daya manusianya harus terus digenjot agar menghasilkan generasi yang berkualitas.

Beberapa program telah dilakukan Pemkot Madiun untuk meningkatkan kualitas anak didik. Salah satunya adalah program beasiswa bagi anak-anak Kota Madiun. ‘’Setiap tahun ada 250 anak yang mendapatkan jatah beasiswa. Tidak hanya yang kuliah di perguruan tinggi negeri, tapi juga swasta boleh. Asalkan akreditasi kampusnya B,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan, era revolusi digital ini harus disiasati dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan sampai terkena dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih ini. ‘’Menyalahkan teknologi itu gampang, tapi yang sulit itu menyiasati,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Madiun Gatot Supriyoga mengimbau masyarakat untuk membantu menjaga anak-anak. Terutama, di jam-jam setelah pulang sekolah. ‘’Bantu mengawasi, jangan sampai anak-anak malah ramai di warung dan tidak belajar,’’ tuturnya.

Ke depan, dewan pendidikan akan merumuskan jam belajar yang sesuai bagi anak-anak. Juga, pemantauannya di masyarakat setelah program itu diterapkan. (Lucky/irs/farid/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik