MADIUN – Disadari atau tidak, arsip merupakan tulang punggung bagi manajemen penyelenggaraan pemerintahan.

Maka dari itu, Pemerintah Kota melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun menyelenggarakan Evaluasi Kearsipan yang diikuti oleh 70 orang kepala sekolah SD dan SMP Negeri di lingkungan Kota Madiun, Senin (19/11).

“Giat ini merupakan tindak lanjut kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan sejak Juli hingga November 2018,” jelas Ahsan Sri Hasto, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun.

Lebih lanjut, Ahsan menjelaskan bahwa arsip harus dikelola sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan. “Sehingga keberadaan arsip dapat menjadi sumber info acuan bahan pembelajaran,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Sugeng Rismiyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menghadapi revolusi industri 4.0, harus dilakukan perubahan-perubahan ke arah lebih baik. Salah satunya dengan pengelolaan arsip secara aman dan terstruktur.

“Saya mengajak mulai dari perencanaan, harus terjalin sinergitas. Pengelolaan arsip harus memanfaatkan teknologi yang ada,” tegasnya.

Maka dari itu, dalam giat ini sekaligus diberikan pembekalan mengenai digitalisasi pengarsipan guna mewujudkan pengelolaan arsip yang lebih efektif dan efisien dalam pengorganisasiannya. (rahmad/kus/iko/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik