MADIUN – Memupuk wawasan kebangsaan kepada generasi muda penting dilakukan. Pun, baiknya dimulai sejak usia dini. Mulai lingkungan keluarga maupun pendidikan. Ini penting mengingat wawasan kebangsaan mempengaruhi mental nasionalisme pada setiap generasi muda dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pengenalan lebih dalam dan mendasar mengenai dasar ideologi, dasar negara, serta budaya yang ada di tanah air menjadi senjata dalam memupuk wawasan kebangsaan pada geberasi muda ini. Artinya, mereka tidak hanya sekedar menghafalkan butir-butir Pancasila atau UUD 1945. Namun, juga memiliki wawasan yang lebih beragam.

Pemerintah Kota Madiun melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Kesatuan Bangsa gencar mensosialisasikan pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara kepada generasi muda. Salah satunya, kepada siswa-siswi SMA se-Kota Madiun.

Tema implementasi nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda sebagai pilar pemersatu bangsa dipilih sebagai tema. Harapannya, siswa-siswi SMA se-Kota Madiun ini sadar pentingnya cinta tanah air dan bela negara. Ini seperti yang disampaikan Sekretaris Bakesbangpolinmas Kota Madiun Darmawan di aula Gedung Diklat, Jumat (26/10).

‘’Tujuannya kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air dikalangan generasi muda dan pelajar pada khususnya,’’ jelasnya.

Darmawan berharap acara yang terbagi dalam sesi outdoor dan indoor ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, sikap rela berkorban, sadar akan berbangsa dan bernegara serta meyankini Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto menegaskan pelajar senantiasa memupuk dan meningkatkan cinta tanah air sedari dini. Sebab, cinta tanah air mudah diucapkan namun sulit dilakukan.

‘’Tentu saja kita harus memahami yang kita cintai. Bagaimana kita melaksanakannya. Ini merupakan satu persoalan yang harus tersolusikan. Saya ingin menciptakan generasi yang tangguh secara fisik maupun jiwa. Disiplin dan selalu patuh terhadap aturan serta bertanggung jawab,’’ tuturnya.

Walikota juga menyematkan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan. Penyemanatan disaksikan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Madiun dan Jajaran Forkopimda. (dhevit/tia/farid/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun