MADIUN – Musim hujan sebentar lagi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan mulai bulan ini. Datangnya musim penghujan identik dengan genangan dan banjir. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Madiun untuk menanggulanginya. Salah satunya, pengerukan saluran air di beberapa titik yang berpotensi mengganggu kelancaran aliran.

‘’Pengerukan sudah kami dimulai. Hari ini bekerjasama dengan Kodim 0803 untuk pengerukan saluran air Teratai,’’ kata Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto saat meninjau langsung di saluran air Teratai, Jumat (26/10).

Penanggulangan, kata dia, tidak hanya sekedar sosialisasi. Namun, juga dilakukan tindakan nyata. Pengerukan saluran air salah satunya. Ini penting karena saluran mengalami pendangkalan. Kota Madiun cukup berpotensi terjadinya genangan kendati sebentar akibat saluran yang tak maksimal.

‘’Upaya sekecil apapun akan kita lakukan. Prinsipnya, penanggulangan (banjir) harus disegerakan,’’ katanya disela-sela kegiatan.

Kodim 0803 mengerahkan anggotanya sebagai pengabdiannya kepada masyarakat dalam kegiatan Karya Bhakti kali ini. Bersama-sama Pemkot Madiun melalui relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat, Kodim 0803 Madiun akan terus membantu pengerukan saluran air untuk penanggulangan banjir ini.

‘’Kalau sudah selesai (pengerukan saluran air Teratai) akan pindah lagi dititik-titik lain yang terindikasi menjadi penyebab genangan,’’ ungkap Komandan Kodim 0803 Letkol CZI Nur Alam Sucipto sembari menyebut ada 100 personil Kodim 0803 yang dikerahkan untuk mengeruk saluran air Teratai yang terletak di Jalan Diponegoro Timur itu.

Terjadinya pendangkalan dan penyempitan saluran akibat penumpukan tanah yang terbawa air. Kondisi diperparah dengan perilaku masyarakat yang masih membuang sampah di sungai.

Sinergitas Pemkot Madiun bersama Kodim 0803 terjalin baik. Tidak hanya pada kegiatan Karya Bhakti ini. Namun, juga berbagai bidang lain. Seperti saat Pilkada beberapa waktu lalu. Pemda, TNI, dan Polri cukup berhasil menjaga pelaksanaan Pilkada secara aman, lancar, dan damai. (lucky/adit/rama/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun