MADIUN – Kota Madiun memiliki program layanan internet gratis berupa wireless fidelity (wifi) sejak setahun lalu. Jumlahnya sudah mencapai 1.220 titik kini. Terobosan kekinian itu bukan hanya disambut baik masyarakat. Apresiasi juga datang dari PT Telkom Regional V sebagai rekanan penyedia layanan internet program wifi gratis tersebut. Pihak PT Telkom sengaja datang berkunjung, Senin (15/10). Tujuannya, memberikan apresiasi sekaligus siap mendukung program wifi yang dijalankan Pemkot Madiun ke depan.

‘’Ini pertama kali kami sowan. Pada intinya ini sebagai sarana silaturahmi. Kedua, kami ingin menyampaikan laporan bahwa kami siap men-support ICT (Information and Communication Technologies) untuk kelanjutan program ke depan,’’ kata Executive Vice Presiden Telkom Regional V Suparwiyanto usai pertemuan di ruang transit Balaikota.

Ini, lanjutnya, merupakan salah satu langkah mendukung program apik pemerintah. Wifi gratis, kata dia, merupakan terobosan luar biasa. Dibutuhkan masyarakat pada era sekarang. Nyaris semua kegiatan masyarakat sudah berbasis internet saat ini. Mulai sarana hiburan, pendidikan, hingga perekonomian. Internet gratis seperti anak panah yang menancap tepat pada sasaran. Ini juga menjadi modal dasar menuju smart city.

‘’Hanya ada tiga daerah di regional kami yang memiliki seribu lebih titik wifi. Salah satunya di Kota Madiun ini. Apresisasi untuk Pemkot Madiun,’’ terangnya sembari menyebut salah satu lainnya di Kabupaten Jembrana, Bali.

Walikota Madiun menyebut inovasi layanan wifi gratis bukan untuk mengejar penghargaan. Namun, lebih berdasar pada kebutuhan masyarakat masa kini. Seperti diketahui, informasi menjadi kebutuhan vital saat ini. Informasi harus dapat diakses dengan mudah dan murah. Berbekal itu, Pemkot Madiun mencoba hadir dengan memberikan berbagai fasilitas. Salah satunya, layanan wifi gratis. Program ini, kata dia, terbukti tepat menjawab kebutuhan masyarakat. Berawal dari ratusan titik, program wifi gratis sudah tembus diangka seribu kini. Itu tak terlepas dari banyaknya permintaan masyarakat.

‘’Apa yang ditawarkan PT Telkom ini tentu saja membantu kami dalam peningkatan program wifi gratis ini ke depan. Kami mengucapkan banyak terima kasih,’’ ungkapnya.

Apalagi, ini tegak lurus dengan pemerintah provinsi yang ingin memacu perekonomian wilayah Jawa Timur berbasis digital. Layanan internet ini diharap dapat membantu masyarakat terutama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya. Pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun sebuah toko. Sebaliknya, dapat menekan modal dengan berjualan melalui lapak online. Pemkot ingin memfasilitasi itu dengan layanan internet gratis.

‘’Layanan internet ini juga untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kota Madiun. Ini penting karena Kota Madiun minim sumber daya alam,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun