MADIUN – Aksi kemanusiaan dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, anggota Brimob sekalipun. Ipda Rohmat Tri Marwoto salah satunya. Meski memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar sebagai aparat penegak hukum, dia masih menyempatkan waktu untuk merawat dan mendidik anak-anak asuh.

Atas jasanya itu, Rohmat mendapatkan penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahkan, peresmian Asrama Ginaris dan Mushola Ar-Rozi miliknya dihadiri oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan, Bupati Madiun Ahmad Dawami, dan Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto.

Ditanyai tanggapannya terhadap prestasi Ipda Rohmat, Rusdiyanto menuturkan bahwa hal ini seharusnya menjadi teladan bagi warga lainnya. ‘’Dalam tugasnya, Pak Rohmat masih bisa melaksanakan pengabdian masyarakat. Kita semua terinisiasi prestasi yang dicapai Pak Rohmat,’’ ungkapnya ditemui setelah acara, Senin (15/10).

Di sisi lain, Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan pun memberikan tanggapan serupa. Dia berharap, aksi tersebut dapat ditiru oleh anggota Polri yang lainnya. ‘’Tak hanya mengasuh, tapi juga membina dan mendidik anak-anak agar meraih bekal yang cukup untuk masa depan,’’ tuturnya.

Sejak 2007 hingga sekarang, sudah ada 79 anak yang diasuh oleh Rohmat dan istrinya, Helmiyah. Saat ini, 20 orang di antaranya masih tinggal bersama pasutri itu. Sementara, anak asuh yang lainnya telah hidup mandiri. Bahkan, bekerja secara layak. Ada yang menjadi polisi, guru, bahkan pegawai bank.

Dengan berdirinya Asrama Ginaris dan Mushola Ar-Rozi, Luki berharap tempat itu dapat memberikan kelayakan dan kenyamanan bagi anak-anak untuk menjalankan aktivitasnya. Dia berpesan, agar seluruh penghuni dan masyarakat sekitar ikut merawat fasilitas yang ada. ‘’Dan, meningkatkan kepeduliaan sosial,’’ imbuhnya. (dhevit/irs/rama/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun