MADIUN – Ajang pemilihan Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Madiun memasuki tahapan puncak. Grand Final acara tahunan untuk mencari dan memilih generasi muda yang akan mempromosikan pariwisata Kota Madiun itu digelar di Ballroom Aston Hotel Madiun, Sabtu (22/9).

Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurutnya, penyelenggaraan ajang pencarian duta wisata ini semakin meningkat setiap tahun.

Peningkatan, lanjut Sugeng, tak hanya dari segi kualitas. Tapi juga kuantitas acara. Dia berharap, peningkatan ini dapat terus dilakukan hingga tahun-tahun berikutnya.

“Tentunya dengan pelaksanaan yang luar biasa, dapat memberikan hasil yang luar biasa pula,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sugeng juga mengucapkan selamat kepada para finalis. Sebab, mereka berhasil lolos setelah melalui berbagai seleksi. Antara lain, tes tulis dan wawancara. Serta, adu talenta.

Tak hanya itu, Sugeng juga memberikan semangat kepada peserta lainnya yang tahun ini belum berhasil lolos menjadi finalis.

“Untuk yang lainnya, ini adalah kesempatan. Bukan akhir dari perjuangan bagi yg belum masuk,” imbuhnya.

Sugeng berharap, ajang pemilihan duta wisata ini mendapatkan hasil yang terbaik. Dia juga mengimbau para juri untuk berlaku adil. “Ini merupakan upaya membentuk karakter dan individu Kakang Mbakyu Kota Madiun untuk menyampaikan banyak hal tentang potensi kearifan lokal Kota Madiun,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Madiun Agus Purwowidagdo kembali menegaskan, Pemilihan Kakang Mbakyu bukan sekedar ajang kecantikan semata. “Tapi, pemilihan generasi Kota Madiun yang berpotensi 3B. Yakni, brain, beauty, dan behavior,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus menuturkan, kegiatan ini sebagai wadah untuk anak muda di Kota Madiun untuk menggapai cita-cita. Khususnya sebagai duta wisata. Harapannya, dapat memberikan efek positif bagi generasi muda di Kota Madiun.

Dalam laporannya, Agus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung acara berjalan lancar.

Acara bertema Charismatic City Heritage ini juga dihadiri oleh Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur dan duta wisata dari daerah lainnya. Antara lain, Nganjuk, Pacitan, Ngawi, Kediri, Magetan, Ponorogo, dan Surabaya. (ws hendro/irs/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun