MADIUN – Rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 memasuki masa kampanye sejak 23 September 2018. Mengawali tahapan itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengadakan Senam Awas di GOR Stadion Wilis, Minggu (23/9).

Kegiatan dimulai dengan senam bersama Bawaslu, komisioner KPU, Forkopimda, perwakilan partai dan tim sukses kampanye legislatif, DPD, dan calon presiden-wakil presiden, serta perwakilan perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan.

Seluruh peserta memeragakan gerakan membentuk angka 0 dengan tangan dan diletakkan di depan mata. Itu sebagai simbol pengawasan yang akan dilakukan dalam kampanye Pemilu 2019.

Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto menuturkan harapannya supaya tahapan Pemilu 2019 dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif. Agar kondisi itu dapat terlaksana, diperlukan partisipasi banyak pihak. ‘’Dengan pelaksanaan yang baik, maka akan memberikan hasil yang baik pula,’’ tuturnya.

Tak hanya senam bersama, Bawaslu juga mengajak para peserta menyatakan Deklarasi Kalah Terhormat, Menang Bermartabat. Perwakilan partai, DPD, dan tim kampanye pemilihan presiden-wakil presiden juga diajak menandatangani Prasasti Udowo. Isinya, para peserta Pemilu 2019 harus legowo. Tidak hanya siap menang. Tapi juga harus siap kalah.

Dengan dimulainya masa kampanye, Sugeng mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu 2019 dan tim kampanye untuk senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku. ‘’Jangan takut diawasi Bawaslu kalau anda tidak melakukan kesalahan,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko menjelaskan bahwa kegiatan Senam Awas dilaksanakan serentak di kota/kabupaten di Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, mereka mengimbau para peserta Pemilu 2019 dan tim kampanyenya agar menjaga kondusifitas kampanye. ‘’Tolak money politic, tolak politisasi SARA, tolak berita bohong, dan tolak kampanye hitam,’’ tegasnya.

Kokok berharap, seluruh peserta Pemilu 2019, tim kampanye, dan masyarakat dapat menjaga komitmen bersama. Yakni, menyelenggarakan Pemilu 2019 yang aman, tertib, bermartabat, dan integritas. ‘’Mari bersama-sama mengawasi jalannya Pemilu 2019,’’ tandasnya. (dhevit/irs/iko/farid/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun