MADIUN – Gelaran lomba kreasi Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun telah usai. Rabu (29/8), para pemenang menerima hadiah yang diberikan langsung oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto.

Dalam kegiatan tersebut, Sugeng mengapresiasi berbagai inovasi yang telah diciptakan oleh peserta. Menurutnya, sumber daya manusia di Kota Madiun perlu dikembangkan lagi untuk meningkatkan potensi daerah.

Sugeng juga mengimbau agar inovasi yang telah tercipta itu tak sekedar menjadi syarat lomba saja. Tapi, harus terus dikembangkan lagi sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. ‘’Inovasi harus membumi, terimplementasi, dan kami minta Disnaker untuk terus memantau kelanjutan para pemenang ini,’’ tuturnya.

Tak hanya itu, Sugeng berharap jumlah peserta lomba TTG di tahun berikutnya lebih banyak. Terutama, untuk partisipasi SMP dan SMA/SMK negeri. Sebab, tahun ini baru sebagian kecil saja yang terlibat dalam kegiatan itu.

Tahun ini, peserta lomba TTG ada 34 kelompok. Rinciannya, dua kelompok dari tingkat SMP. Kemudian, 7 kelompok dari SMA/SMK, 24 peserta dari tingkat perguruan tinggi, dan satu kelompok dari masyarakat umum. ‘’Mari kita tumbuh kembangkan. Tahun 2020, targetnya seluruh SMP wajib ikut. Begitu pula yang SMA/SMK,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan, inovasi merupakan hal penting. Bahkan, dengan kreativitas yang sederhana saja, dapat memberikan dampak yang luar biasa. Karena itu, dia berharap bisa tumbuh inovasi-inovasi dari pelajar di Kota Madiun untuk mengembangkan daerahnya. Terutama, dari tingkat SMP.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi. Sehingga, ke depannya kegiatan lomba TTG dapat lebih baik lagi dan diikuti lebih banyak peserta.

Terkait kelanjutan TTG, rencananya dalam waktu dekat para pemenang akan mengikuti gelar TTG di Bali yang terselenggara Oktober nanti. ‘’Ke depan akan lebih dipacu lagi agar semakin banyak inovasi yang diciptakan anak-anak Kota Madiun,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun