MADIUN – Suguhan rangkaian acara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Kota Madiun berlanjut. Setelah upacara Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera, peringatan dilanjutkan Resepsi Kenegaraan di Balaikota, Jumat (17/8/2018) malam. Acara dikemas apik nan menarik. Resepsi Kenegaraan tak hanya seremonial. Namun, juga media mengenang perjuangan 3,5 abad merebut kemerdekaan.

Acara diawali pelepasan kendit Paskibra oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto. Pelepasan ini menjadi tanda pembubaran Paskibra 2018 yang telah melaksanakan tugas pengibaran sang saka merah putih saat upacara Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera.

Walikota menyampaikan Resepsi Kenegaraan ini tidak berdiri sendiri. Terdapat rangkaian peringatan sebelumnya. Mulai pengukuhan Paskibra hingga upacara.

Ucapan terima kasih kepada semua pelatih dan pembina. Mulai TNI-Polri serta doa dari orang tua atas keberhasilan putra putri Paskibra dalam menjalankan tugasnya.

“Ini merupakan kebanggaan karena dalam kurun waktu yang relatif singkat, tim Paskibra dapat menerima dan menjalankan materi yang diberikan. Mulai sikap, perilaku, dan nilai-nilai nasionalisme,” tuturnya.

Mengutip pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, walikota menyebut bangsa Indonesia beruntung memiliki Pancasila. Karena di dalamnya mengandung nilai-nilai luhur.

“Pancasila sebagai dasar negara menjadi pemersatu bangsa karena didalamnya terkandung nilai kebhinekaan yang besar,” imbuhnya.

Terkait politik, walikota juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah sigap menjaga keamanan dalam Pilkada serentak beberapa waktu lalu. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah semakin dewasa dalam berpolitik. Walikota berharap keamanan dan ketertiban Pilkada ini juga terus terjaga saat Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Keamanan menjadi pondasi semua bidang. Tanpa keamanan perekonomian tak akan tumbuh. Indonesia terbukti aman. Pertumbuhan ekonomi secara nasional mengalami peningkatan sekitar lima persen. Kota Madiun, kata dia, merupakan salah satu penyumbang ekonomi nasional.

Walikota mengajak masyarakat untuk selalu menciptakan Kota Madiun yang semakin baik dengan bekerja sama. Ini merupakan wujud Kota Karismatik yang menjadi branding Kota Madiun.

“Terima kasih pula kepada seluruh elemen masyarakat atas segala yang telah dilakukan. Terutama dalam peringatan HUT RI dan dukungan terkait Asian Games yang tengah berlangsung,” ujarnya.

Berbagai kesenian tersaji sebagai penyemarak acara. Mulai kesenian tari Solah Madiunan, drama history Madiun, pencak silat, beberapa musisi dan dalang metal cilik. Walikota juga memberikan berbagai piagam penghargaan kepada putra-putri berprestasi. (Lucky/tia/diskominfo).

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun