MADIUN – Merdeka.. Merdeka.. Merdeka. Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 RI. Semua elemen masyarakat, pemerintah, maupun instansi swasta memperingatinya. Peringatan baiknya tidak sekedar seremonial. Namun, turut berpartisipasi dalam pembangunan. Salah satunya dengan mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

‘’Partisipasi masyarakat dalam pembangunan penting dan perlu. Didalam pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi pembanguanan di Kota Madiun keterlibatan elemen masyarakat sudah cukup baik. Namun, ini (partisipasi) harus terus ditingkatkan,’’ ungkap Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Lembaga Kemasyarakatan di Kecamatan Kartoharjo, Rabu (15/8/2018).

Bintek diikuti 300 lebih peserta. Beberapa di antaranya merupakan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK). Tujuannya, agar peran dan fungsi lembaga masyarakat sebagai mitra pemerintah optimal. Selain itu, program dan kebijakan pemerintah dapat terlaksana dan terintegrasi sampai masyarakat ditingkat bawah. Harapannya, kebijakan dan program dari pemerintah daerah, bersinergi dengan provinsi dan pemerintah pusat.

“LPMK menjadi bagian dari masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah, dalam hal ini lurah. Pasti kegiatannya tidak lepas dari kebijakan-kebijakan pemerintah daerah,” tuturnya.

Tak heran, LPMK wajib terus berkembang. Peningkatan SDM lembaga kemasyarakatan ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Apalagi, kegiatan lembaga kemasyarakatan sejalan dengan visi-misi kepala daerah, kebijakan dari pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat. Tak heran, materi bimtek juga terkait kebijakan-kebijakan pemerintah, langkah-langkah teknis, dan peraturan-peraturan.

Kesamaan visi-misi dalam membangun Kota Madiun lebih baik harus terus ditingkatkan. LPMK dan lembaga kemasyarakatan lain, diharapkan dapat terus mengawal pembangunan. Mengawal dari perancanaan pembangunan, pelaksanaan, sampai evaluasi.

“Mengawal proses pembangunan merupakan salah satu bentuk mengisi kemerdekaan.” pungkasnya. (devit/adit/iko/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun