MADIUN – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) suatu pemerintah daerah wajib baik. Penerapannya juga harus benar. Ini penting agar pemerintahan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 
 
‘’SAKIP ini memegang peran penting dalam jalannya pemerintahan. Apa yang kurang terus dikejar dan apa yang sudah baik harus terus ditingkatkan,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan SAKIP Pemerintah Kota Madiun 2018 oleh Tim Provinsi Jawa Timur di Ruang 13, (13/8/2018).
 
Evaluasi, kata dia, penting dilakukan. Sebab, SAKIP merupakan integrasi sistem perencanaan, penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja. Ini harus selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan serta visi-misi pemerintah daerah. Organisasi perangkat daerah (OPD) wajib mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan sesuai peraturan yang berlaku.
 
‘’Kita memahami dalam satu kegiatan di instansi merupakan suatu proses. Kita wajib selalu berpedoman hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini, sehingga proses tersebut menghasilkan input, output, outcome, dan feedback yang semakin baik. Makanya evalusi penting dan perlu,’’ tuturnya.
 
Walikota menambahkan review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 perlu adanya koordinasi bersama. Ini merupakan keharusan. Review dilakukan sebagai upaya mewujudkan target dan sasaran di dalam visi-misi pemerintah daerah.
 
‘’Kita mendapat rekom dari BPK dan KPK untuk mengelola pemanfaatan anggaran supaya tidak terjadi hal-hal yang kurang baik. Sebagai contoh pelaksanaan remunerasi dengan berbasis non tunai sejak awal 2018 lalu. Ini merupakan salah satu langkah transparasi dalam keuangan,’’ imbuhnya.
 
Sementara itu Ketua Tim SAKIP Propinsi Jatim Dwi Suyantono menjelaskan dalam penyusunan RPJMD tidak lebih dari enam bulan. Molornya penyusunan dapat berbuah pinalti. Dwi yakin Kota Madiun mampu melaksanakan itu dan menjadi salah satu kota pilihan Gubernur Jatim. (lucky/tia/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun