MADIUN – Koperasi mengambil peran penting dalam perekonomian masyarakat. Menjadi guru perekonomian bagi pelaku usaha kecil. Tak heran, keberadaannya patut terus dijaga. Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto berharap koperasi terus berkembang dan melaju pesat. Tujuannya, semakin memberikan manfaat bagi masyarakat. 
 
‘’Perlu adanya penguatan secara struktural dan substansial. Ini penting karena banyak koperasi gagal berkembang karena dua hal itu,’’ kata walikota saat Gerak Jalan Jantung Sehat dan Tasyakuran HUT ke-71 Koperasi di halaman depan Balaikota Madiun, Sabtu (28/7/2018).
 
Struktural, kata dia, harus baik. Mulai dari susunan organisasi hingga orang yang menjabatnya harus berkompeten dan bertanggungjawab. Selain itu, butuh penguatan dibidang substansinya. Yakni, aturan yang jelas dan tegas. Pengelola koperasi juga harus lihai memanfaatkan teknologi komunikasi. Mulai untuk mengakses informasi hingga media promosi. Ini penting agar usaha yang dijalankan optimal.
 
‘’Kalau keduanya terpenuhi, maka akan tercipta budaya kerja yang baik. Ini yang membuat suatu perusahaan atau koperasi dapat bertahan,’’ ungkapnya sembari menyebut kebanyakan tak dapat bertahan lantaran manajemen dari dalam tubuh koperasi itu sendiri.
 
Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Madiun Ngedi Trisno Yushianto menyebut giat gerak jalan sebagai peringatan hari koperasi ini diharap dapat menumbuhkan solidaritas antar anggota koperasi. Terdapat 300 lebih koperasi di Kota Madiun. Dia berharap anggota ratusan koperasi ini dapat saling mengisi dan memberi untuk kemajuan bersama. 
 
‘’Anggota bisa saling memberi dan bertukar pendapat supaya program-program yang telah direncanakan agar dapat dilaksanakan berdasar keputusan dan kebutuhan bersama,’’ ujarnya sembari menyebut gelaran ditutup dengan hiburan musik serta pembagian doorprize. (lucky/agi/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun