MADIUN – Kondusifitas Pilkada wajib terus terjaga. Apalagi, pemilihan kepala daerah tersebut tengah memasuki tahapan krusial dan penting. Yakni, masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara yang berlangsung, Rabu (27/6/2018) mendatang. Seluruh elemen masyarakat wajib terlibat dalam menjaga kondusifitas ini. 
 
‘’Menjaga keamanan merupakan tanggung jawab bersama sudah seharusnya semuanya terlibat demi menciptakan kondusifitas terutama selama Pilkada,’’ kata Wakil Walikota Armaya usai mengikuti Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara di halaman Gor Wilis, Senin (25/6/2018).
 
Yayak –sapaannya- mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat. Tanggung jawab tidak hanya berada di pundak petugas kepolisian maupun TNI. Namun, seluruh elemen. Pesan itu kembali diingatkan lantaran Pilkada demi pembangunan di Kota Madiun yang lebih baik. Pilkada bukan menjadi penyulut gangguan yang dapat mengancam kondusifitas. 
 
‘’Pilkada harus membuat apa yang sudah baik menjadi lebih baik. Bukan sebaliknya,’’ ujarnya.
 
Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu menyebut Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan sengaja digelar lebih awal. Yakni, dua hari menjelang hari H pemungutan dan penghitungan. Ini dimaksudkan agar petugasnya memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pengamanan. Selain itu, jeda waktu dua hari juga digunakan untuk membaca situasi dan kondisi setiap tempat pemungutan suara (TPS). 
 
‘’Ada 271 personil dari kami yang dilibatkan khusus untuk pengamanan TPS. Itu belum termasuk petugas dari TNI dan Linmas,’’ ujarnya sembari menyebut jumlah personil menyesuaikan tingkat kerawanan di tiap-tiap TPS.
 
Nasrun menyebut ada total 421 TPS yang menjadi tanggung jawab Polres Madiun Kota. 310 di antaranya berada di Kota Madiun. Sebelas lainnya berada di Kecamatan Jiwan dan Sawahan Kabupaten Madiun. Beberapa TPS di antaranya masuk kategori rawan. Pihaknya mengaku bakal menambah personil pada tiap TPS yang dinilai rawan dan sangat rawan tersebut.
 
‘’Prinsipnya kami siap mengamankan jalannya Pilkada, terutama tahapan pemungutan dan penghitungan nanti,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun