MADIUN – Setiap 1 Mei diperingati Hari Buruh Internasional atau sering dikenal dengan May Day. Ribuan pekerja dari 120 perusahaan di Kota Madiun berkumpul di depan kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Selasa (1/4/2018). Mereka melakukan long march dari depan Kantor Disnaker setempat. Bukan berdemo. Peringatan sengaja dibuat berbeda dengan jalan sehat bersama. Kegiatan jalan santai ini diberangkatkan langsung Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto bersama jajaran Forpimda Kota Madiun. Gelaran jalan sehat juga wujud koordinasi antara pengusaha, pekerja, dan pemkot setempat. ‘’Dengan terciptanya hubungan industrial yang harmonis, Kota Madiun pasti akan diminati investor. Harapannya, terwujud Kota Madiun yang lebih maju dan sejahtera,’’ tutur Wakil Walikota Madiun Armaya saat ditemui setelah melepas peserta jalan sehat.

Jalan sehat, kata dia, merupakan salah satu contoh efektivitas koordinasi yang baik dari berbagai pihak. Kegiatan positif seperti ini diharap menjadi salah satu sarana saling menghormati. Pekerja tidak perlu melakukan pengerahan masa untuk demonstrasi. Apalagi, investor di Kota Madiun cukup kooperatif. Salah satunya, dengan selalu mentaati regulasi yang berjalan. Seperti mengikutsertakan pekerjanya dalam jaminan sosialak. Baik BPJS Kesehatan maupun Ketenaga Kerjaan. ‘’Prinsipnya, perusahaan mengikuti regulasi yang ada dan pasti dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku,’’ ungkapnya.

Armaya optimis tidak ada demostrasi buruh di Kota Madiun. Sebab, masyarakat menyadari pengerahan masa bakal merugikan salah satu pihak. Baik dari masyarakat, pengguna jalan dan lainnya. Apalagi, kesejahteraan para pekerja sudah dipenuhi perusahaan. Kapolresta Madiun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nasrun Pasaribu menyebut pihaknya bersama Pemkot Madiun menjamin May Day akan berlangsung tertib, aman, damai dan lancar. ‘’Peringatan May Day hak setiap pekerja. Prinsipnya kami menjamin peringatan berlangsung tertib, aman, damai dan lancar sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat Kota Madiun.”tandasnya. (adit,luki/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun