MADIUN – Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi semakin penting di tahun politik. Seperti tahun ini, 171 daerah di Indonesia akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Tak terkecuali di Kota Madiun. Satpol PP dan Satlinmas sebagai aparat sipil harus hadir mengawal agenda tersebut. Karenanya, kesiapsiagaan juga harus lebih ditingkatkan. “Maka tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke 68 dan juga Satlinmas ke 56 kali ini adalah Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018,” ujar Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat memberikan sambutan mewakili Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-68, HUT Satlinmas ke-56, dan Damkar ke-99 di halaman balaikota, Kamis (26/4).

Tema ini mengandung arti bahwa Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu, kedua instansi tersebut diminta untuk lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya. “Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan pemilu dan pilkada baik sebelum, pada saat pemungutan, maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan, pilkada membuat dinamika politik meningkat. Potensi gangguan keamanan pun turut menguat. Untuk itu, dia mengimbau agar Satpol PP dan Satlinmas melakukan upaya deteksi dini. Sehingga, potensi bahaya bisa segera diantisipasi.
 Sugeng juga mengingatkan pedoman tugas Satpol PP dan Satlinmas. Yakni, Permendagri nomor 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu. ‘’Satpol PP dan Satlinmas dituntut untuk bertindak netral dan bebas dari intervensi politik serta KKN,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono berharap, peringatan HUT tahun ini semakin meningkatkan semangat satuannya dalam meningkatkan kualitas. Sehingga, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. ‘’Juga mendukung penyelenggaraan pilkada yang aman dan kondusif,’’ ujarnya. Seluruh pihak, dalam hal ini Satpol PP, Satlinmas, hingga Damkar, siap dilibatkan untuk bekerjasama menjaga stabilitas selama tahun politik. ‘’Linmas diberdayakan di daerahnya masing-masing untuk memantau situasi masyarakat. Selain itu juga memberikan pemahaman pencegahan kebakaran kepada masyarakat juga,’’ paparnya. (WS. Hendro, irs/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun