MADIUN – Musim giling 2018 Pabrik Gula (PG) Redjo Agung dimulai. Pabrik gula di Kelurahan Patihan, Manguharjo ini bakal memulai proses produksi dalam waktu dekat. Prosesi awal giling ditandai dengan potong tumpeng, Kamis (26/4/2018). Walikota Madiun Sugeng Rimiyanto berharap musim giling lancar dengan hasil produksi meningkat. ‘’Gula merupakan salah satu komoditi utama. Kota Madiun beruntung dengan adanya pabrik gula disini. Semoga proses giling lancar dan menghasilkan produksi yang meningkat,’’ kata walikota usai acara seremoni buka giling di aula pertemuan PG Rejo Agung Baru.

Keberadaan pabrik, kata dia, pastinya memberikan beragam manfaat. Mulai penyerapan tenaga kerja hingga ketersedian barang komoditi terutama hasil produksi pabrik yang bersangkutan. Kota Madiun pastinya tidak perlu mendatangkan gula dari luar daerah. Ketersediaan gula terjaga. Jumlah pengangguran di kota pecel juga sedikit banyak tertangani. Pabrik tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja. ‘’Pihak pabrik tentu saja juga akan mengutamakan tenaga kerja sekitar. Ini sebuah keuntungan tersendiri,’’ ujarnya sembari menyebut keberadaan pabrik ini harus terus didukung.

Walikota juga mengapresiasi kepedulian sosial pihak pabrik. Mulai santunan kepada anak yatim piatu hingga program penghijauan dan lingkungan lain. Ini, lanjutnya, juga memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat. Walikota berharap PG Rejo Agung Baru semakin berkembang. Semakin banyak menyerap tenaga kerja lokal dan semakin memberikan kontribusi bagi masyarakat. ‘’Kota yang berkembang adalah kota yang memiliki banyak industri. Tidak banyak industri besar di Kota Madiun. Yang ada ini wajib dijaga,’’ ungkapnya.

Gelaran ceremoni berlangsung khidmat. Mulai potong tumpeng hingga hiburan dari paduan suara karyawan PG Rejo Agung Baru dan tarian dari SMK Gula Rajawali Madiun. Dalam gelaran acara juga mengemuka pemberian penghargaan kepada sejumlah karyawan yang sudah mengabdi lebih dari 25 tahun. (ws hendro/agi/diskominfo).

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun