#artikel

Tabloid adalah kumpulan berita-olahan atau berita investigatif, artikel, berita atau iklan yang terbit berkala (biasanya tiap minggu), dan dicetak dalam kertas yang ukurannya lebih kecil daripada plano (broadsheet).

Tabloid pada umumnya terfokus pada hal – hal yang tidak serius, disini mengandung pengertian bahwa isi di tabloid cenderung lebih santai, bukan bersifat kaku dan bisa dibaca kapan saja (tidak mudah basi beritanya).

Adapun secara lebih jelas Karakteristik dari Tabloid sebagai berikut :

  • Publistas
  • Aktualitas
  • Terdokumentasikan penyajian lebih dalam
  • Nilai aktualitas lebih lama
  • Terdapat gambar lebih menarik
  • Sampul depan memiliki daya tarik
  • Mudah mengenali khalayaknya
  • Semi koran
  • Semi majalah

Untuk penulisan berita maupun artikel dalam tabloid biasanya menggunakan penulisan feature. Feature dalam jurnalistik secara teoritis dimasukkan dalam kategori soft news. Dimana soft news disini dipahami dalam menyajikan berita maupun artikelnya bersifat ringan atau lunak. Seberat apapun materi yang diangkat khalayak pembaca akan menikmati seringan menyentuh balon gas.

Namun walau ringan, feature tetap harus berpegang pada fakta objektif bukan cerita fiktif. Dan karenanya feature sering disebut sebagai penuturan rangkaian fakta yang disajikan secara naratif.

Dengan menggunakan penyajian berita di tabloid menggunakan feature diharapkan mampu lebih menarik pembaca untuk membaca berita yang isinya berat menjadi lebih ringan.

Berikut gaya penulisan feature pada tabloid :

  1. Ditulis dengan teknik mengisahkan (to story) sesuatu situasi, peristiwa, atau keadaan secara faktual.
  2. Berisi tentang suatu situasi, keadaan, atau aspek kehidupan yang sifatnya faktual, objektif, benar, dan akurat.
  3. Hasil liputan melalui proses observasi, investigasi, komunikasi dan konfirmasi dengan pihak nara sumber.
  4. Bertujuan untuk memberi tahu informasi sekaligus menghibur khalayak
  5. Rangkaian fakta informasi disajikan secara informasl
  6. Tidak terikat kepada aktualitas.
  7. Selalu membawa pesan moral tertentu yang ingin disampaikan kepada khalayak.
  8. Ditulis dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik sastra, merujuk pada gaya penulisan fiksi cerita pendek yang hidup, menarik, lincah, segar, dan terpilih.

Feature dalam media massa, eksistensinya tidak bisa digantikan yang lainnya. Tidak bisa diganti oleh straight news (berita langsung), artikel maupun tajuk rencana, bahkan radikalnya tidak bisa digantikan oleh karikatur sekalipun.

Bagi media massa, kedudukan feature sebagai salah satu bentuk jurnalistik sastra yang memiliki tujuan tidak hanya untuk memenuhi kesesmetaan media tersebut tapi juga untuk meningkatkan citra media.

Dalam penulisan feature di tabloid, diharapkan feature memberikan fungsi :

  1. Sebagai pemberi informasi yang menarik tentang suatu situasi, keadaan, atau peristiwa yang terjadi.
  2. Sebagai penghibur atau sarana rekreasi dan pengembangan imajinasi.
  3. Sebagai wahana ekspresi yang paling efektif dalam mempengaruhi khalayak.

Jenis Feature yang sesuai dalam penulisan di tabloid diantaranya sebagai berikut:

  1. Feature Human Interest

Seperti yang diketahui sifat dari tabloid yang timeless, feature jenis ini paling efektif untuk menyentuh intuisi, emosi dan psikologi khalayak dimana mampu membangkitkan ketertarikan manusiawi.

  1. Feature Biografi

Isi dari tabloid terkadang berisi biografi tokoh, baik itu pemimpin pemerintahan, public figure, atau tokoh masyarakat. Dengan menulis biografi menggunakan feature, diharapkan pembaca tidak bosan membaca biografi yang monoton sehingga selain menarik untuk pembacanya juga menarik untuk narasumbernya.

  1. Feature perjalanan

Feature jenis ini mengajak pembacanya untuk mengenali lebih dekat tentang suatu kegiatan atau tempat – tempat yang dinilai memiliki daya tarik tertentu tanpa harus mendatangi tempat tersebut.

  1. Feature petunjuk praktis

Feature ini menuntun atau mengajarkan bagaimana melakukan atau mengerjakan sesuatu. Tugas media memandu kelompok yang “tidak punya waktu” tanpa terikat dimensi ruang dan waktu untuk mengetahui informasi pengetahuan yang diperlukan.

#Panduan

#HowToDo