Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Madiun, Lydia Kurniawati Christyana kepada satuan kerja (satker) di Kabupaten/Kota lingkup kerjanya. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Pendopo Graha Ronggo Jumeno, Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, Rabu (20/12). Sesuai dengan tema “Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan”, kebijakan fiskal tahun 2018 sebagai pendorong ekonomi didaerah. ​​ “APBN ini dapat memberikan stimulus perekonomian daerah menjadi lebih baik,”ungkap Lydia saat menyampaikan laporan dihadapan Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto, Bupati Kabupaten Madiun Muhtarom serta perwakilan pejabat-pejabat se-Madiun Raya.Dengan dicairkannya anggaran lebih awal, satker dapat segera merencanakan kalender kegiatan terkait kegiatan fisik. Mengingat proses pengadaan barang dan jasa harus melalui beberapa tahapan. “Proses anggaran dan jasa memerlukan waktu yang cukup panjang, sejak diserahkannya DIPA maka satker sudah boleh melakukan perencanaan seluruh proses pengadaan barang dan jasa,”katanya.
DIPA tahun 2018 yang diserahkan kepada 157 satker, terinci satker pusat sebanyak 3 DIPA dengan pagu anggaran sekitar Rp117 Milyar atau 4,54 persen dari total pagu DIPA. Satker Instansi Vertikal (Daerah) sebanyak 153 DIPA.

Penyerahan DIPA untuk wilayah Kota Madiun, secara simbolis diserahkan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto. Kemudian dilanjutkan penandatanganan petikan oleh perwakilan maupun kepala satuan kerjanya masing-masing intansi vertikal daerah. Untuk wilayah Kota Madiun satker vertikal daerah yang menyerahkan petikan DIPA ada 5 satker vertikal daerah. “Saat ini yang menyerahkan petikan DIPA dari KOREM 081/DSJ, Lanud Iswahyudi, Kejaksaan Negeri, Polresta, dan Pengadilan Negeri,”ungkap Sugeng saat ditemui setelah acara. Sebagai iniformasi, KPPN Madiun setiap tahun melakukan penilaian atas kinerja meliputi ketepatan, keakuratan dan kepatuhan terhadap ketentuan yang ada. Kemudian KPPN Madiun memberikan penghargaan kepada satker yang dinilai paling berkinerja baik. Satker penerima penghargaan ditahun ini diantarnya MAN Tempursari, Kantor Imigrasi Madiun, Lapas Madiun, Pengadilan Negeri Magetan, Pengadilan Negeri Ponorogo. (Kmf)