Madiun – Setelah sebelumnya dilaksanakan koordinasi antara Tiga Pilar dengan 11 perguruan pencak silat, guna menjaga kondisi Kota Madiun yang kondusif untuk menyambut kegiatan rutin tahunan Suro dan Suran Agung, hari ini Senin, (18/9) bertempat di Alun-Alun Kota Madiun dilaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Aman Suro Tahun 2017. Kepala Polisi Daerah Jawa Timur, Machfud Arifin langsung memimpin gelar pasukan tersebut dan selaku Komandan Apel yaitu Kapolres Madiun Kota Sonny Mahar B. A. Dalam arahannya Machfud menyampaikan untuk menjaga kemanan, ketertiban, serta kondusifitas Kota Madiun harus ada bahu-membahu dan terus menjalin koordinasi antara aparat keamanan dengan kepala daerahnya masing-masing.

“Terima kasih kepada forpimda dan perwakilan yang selalu bekerja sama dengan aparat keamanan untuk bisa prefentif dan telah menghasilkan Maklumat Kesepakatam bersama yang telah ditandatangani dari berbagai pihak,” tuturnya.

Pendekatan prefentif adalah cara yang paling efektif untuk mengantisipasi terjadinya gesekan dan mengajak semua pihak untuk mencari data dan berita yang bisa dipercaya agar tidak terprovokasi. Sementara itu Walikota Madiun saat ditemui setelah apel menyampaikan bahwa Kota Madiun yang menjadi tuan rumah pada Suro dan Suran Agung telah memfasilitasi demi terselenggaranya Suro dan Suran Agung dengan aman, tertib dan damai.

“Acara ini (Suro dan Suran Agung) sudah tingkat provinsi, sebagai tuan rumah akan memfasilitasi kegiatan ini. Koordinasi dengan tokoh-tokoh perguruan pencak silat, TNI dan Polri telah menghasilkan kesepatakatan bersama ini,” kata Walikota.

Maklumat Bersama ditandatangani oleh Walikota Madiun, Bupati Kab.Madiun Muhtarom, Kapolres Madiun Kota, Dandim 0803 Madiun, Kapolres Madiun, Dandim 0802 Ponorogo, Kapolres Ponorogo, Dandim 0805 Ngawi, Koapolres Ngawi, Dandim 0801 Pacitan, Kapolres Pacitan, Dandim Magetan, Kapolres Magetan. Dan Ketua Harian PSHT Pusat Madiun serta Ketua Umum PSHW Tunas Muda.(Kmf)