Madiun РTim verifikasi Kota Sehat tingkat nasional yang terdiri dari Kuswantiningsih sebagai ketua tim dan Dewi Martina beserta tim pendamping dari provinsi telah melaksanakan verifikasi lapangan setelah dinyatakan lolos bedah dokumen oleh tim pusat. Selanjutnya Rabu (13/9) kemarin, dilakukan verifikasi langsung dan dievaluasi bersama-sama di Gedung Pertemuan Kantor Kecamatan Manguharjo. Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto bersama Ketua DPRD Istono sebagai Ketua Forum Kota Sehat Kota Madiun datang langsung untuk mendengarkan hasil evaluasi.

Dewi Martina menyampaikan bahwa harapan diselenggarakan Kota Sehat bukan hanya untuk mendapat penghargaan, tetapi amanah sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan untuk menciptakan wilayah yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat. Untuk diketahui, Kota Madiun sudah pernah mendapat predikat Kota Sehat untuk kategori Padapa, dan tahun ini langsung mengusulkan kategori wistara yang diberikan untuk klasifikasi pengembangan.

“Alhamdulillah Kota Madiun lolos bedah dokumen untuk kategori Wistara, dan semoga dari hasil evaluasi di lapangan hari ini, Wistara yang diinginkan dapat dicapai” ungkap Dewi. Dalam kunjungannya tim verifikasi mengapresiasi Kota Madiun, dan merekomkan Kota Madiun sebagai daerah percontohan dan sebagai tempat pembelajaran tempat lain. “Izin pak Wali, kalau misalnya ada daerah lain yang tanya untuk study banding, ki akan merekomendasikan Kota Madiun,” terangnya. Sehat, bersih, aman, nyaman dan mandiri sudah menjadi budaya masyarakat Kota Madiun yang sudah beberapa kali menerima penghargaan tingkat nasional maupun tingkat provinsi.

“Untuk tatanan sehat mandiri luar biasa, ibu-ibu rumah tangga dititik yang kami verifikasi mampu mengawal pengelolaan sampah sampai pada penghijauan untuk kesehatan lingkungan dipemukiman sekitar rumahnya.”ungkapnya. Sementara itu Walikota Madiun menyampaikan budaya hidup bersih dan sehat merupakan salah satu sasaran pembangunan di Kota Madiun. “Kami bekerja secara sungguh-sungguh, ikhlas dan jujur untuk membangun masyarakat dan Kota Madiun,” ungkapnya. Kota Madiun yang sudah mendapat Adipura dan Kota Layak Anak optimis untuk meraih Kota Sehat kategori wistara. Dari 5 tatanan yang diusulkan untuk diverifikasi akan dirumuskan dan dirapatkan secara keseluruhan dipusat. lolosnya Kota Madiun dalam bedah dokumen dan telah terverifikasi oleh tim penilai pusat merupakan kerja keras, kompak dan bersinergi antar OPD terkait. (Kmf)