Madiun – Memeriahkan peringatan Hari Olahraga Nasional ke 34 Tahun 2017, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, melaksanakan upacara HAORNAS 34 Tahun 2017 dengan tema “Ayo Olahraga Untuk Indonesia, Sehat, dan Produktif, hari ini, Jumat (15/9) di GOR Stadiun Wilis Kota Madiun.

 

Acara yang dipimpin langsung oleh Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto ini diikuti oleh Karang Taruna dan Tim Penggerak PKK Kota Madiun 27 Kelurahan Kota Madiun, serta siswa didik dan Guru dari SD – SLTA se Kota Madiun Sugeng mengatakan bahwa puncak peringatan HAORNAS 34 telah diselenggarakan di Magelang Jawa Tengah tepatnya tanggal 9 September, dan ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita semua yakni dengan adanya beberapa kegiatan olahraga yang bertujuan menjadikan hidup sehat. “Dengan tubuh yang sehat insyaAllah kita akan menciptakan produktivitas yang tinggi,” pesa Walikota.

Produktivitas disini dimaksudkan adalah mampu mengerjakan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya dengan baik serta hal – hal positif lainnya. “Kita berharap Kota Madiun dalam perhelatan event – event olahraga secara nasional maupun regional, akan ada tunas – tunas yang senantiasa mampu meningkatkan prestasi bagi Kota Madiun,” harapnya.

Selain itu kepada pendamping maupun kepala sekolah, Sugeng menyampaikan bahwa ada ciri khas tersendiri dalam mendidik anak didiknya pada cabang olahraga, dan diperlukan koordinasi antar guru olahrag supaya ada kiat – kiat tertentu untuk mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi pertandingan.

Ditemui setelah acara, Sugeng menyampaikan bahwa kegiatan Haornas 34 yang dilaksanakan dalam bentuk lomba bola voly ini intinya merupakan pembinaan dan tidak diharuskan untuk berprestasi dulu, tetapi mengajak masyarakat untuk berolahraga dikarenakan dengan berolahraga akan mampu meningkatkan produktivitas. Peringatan Haornas 34 Kota Madiun juga dimeriahkan dengan lomba bola voly antara tim penggerak PKK dan karang taruna seluruh kelurahan yang ada di Kota Madiun.

Dalam lomba ini, setiap kelurahan mengirim 20 orang yang masing – masing terdiri dari 10 orang anggota PKK dan 10 orang anggota karang taruna dengan perincian 10 orang laki – laki dan 10 orang perempuan setiap kelurahan. Lomba yang digelar mulai hari ini, jumat (15/9) berakhir pada hari selasa (19/9) dengan memperebutkan piala penghargaan dan uang pembinaan.

Agus Purwowidagdo, Kepala Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kota Madiun, menyampaikan bahwa besarnya uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah untuk terbaik pertama, 5 juta untuk terbaik kedua dan 3 juta untuk terbaik ketiga. Secara simbolis lomba dibuka dengan servis awal dari ibu Ismah Sugeng Rismiyanto.(kmf)