Madiun – Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Mei digelar sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan bagi Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang berjuang dan berjasa bagi dunia pendidikan Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Madiun menggelar upacara pada peringatan Hardiknas Tahun 2017 hari ini, Selasa (2/5), di Balaikota Madiun Jalan Pahlawan No. 37 Kota Madiun. Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto selaku Inspektur Upacara mengungkapkan tema dari Hardiknas kali ini adalah “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas “. Tema tersebut sesuai dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. Untuk itu kita harus resapi, renungi tema tersebut dan kemudian diwujudkan bersama-sama agar seluruh lapisan masyarakat dapat menjangkau layanan pendidikan berkualitas yang merata”. Ujar Sugeng. Lebih lanjut, Sugeng memberikan penghormatan dan penghargaan kepada seluruh insan pendidikan yang telah mengabdi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kota Madiun memberikan apresiasi di bidang pendidikan dengan melakukan penyerahan secara simbolis juara guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat Kota Madiun tahun 2017 dengan menerima tropi, piagam dan uang pembinaan dengan rincian juara 1 (satu) mendapat Rp. 5.000.000,00, juara 2 (dua) mendapat Rp. 4.000.000,00, dan juara 3 (tiga) mendapat Rp. 3.000.000,00. Selain itu diberikan juga penghargaan kepada juara 2 (dua) pengawas sekolah berprestasi jenjang Sekolah Dasar (SD) tingkat Provinsi tahun 2016, Rismawati, Pemberian bantuan dana pelajar bagi siswa /santri kurang mampu se Kota Madiun dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebesar Rp. 118.025.000,00 kepada 220 sekolah tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/ SMK/MA, Pondok Pesantren (Ponpes) se Kota Madiun dengan jumlah siswa 781 siswa se Kota Madiun yang diberikan secara simbolis kepada Karina Febrianti SDN 2 Kartoharjo, Mahardika SMPN 13 Kota Madiun, Yongki Ardiansyah SMAN 5 Kota Madiun, dan Ilham Pondok Pesantren Kanzul Ulum Sukosari. Dalam bidang olah raga, diberikan juga penghargaan kepada juara umum pertandingan olah raga antar pelajar tingkat Kota Madiun tahun 2017 dengan rincian Tingkat SD/MI, juara umum Unit Pelaksana Teknis (UPTD) dengan uang pembinaan sebesar Rp. 25.000.000,00, tingkat SMP/MTs, juara umum SMPN 1 Kota Madiun dengan uang pembinaan sebesar Rp. 15.000.000,00 dan dari tingkat SMA/SMK/MA, juara umum SMAN 2 Kota Madiun dengan uang pembinaan Rp. 15.000.000,00.

Hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, Forkopimda, Ketua DPRD kota Madiun beserta anggota, Tim penggerak PKK, Ketua Darmawanita Kota Madiun, Rektor / Pimpinan Perguruan Tinggi se Kota Madiun dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Madiun.

Menindaklanjuti Proses Ujian Nasional yang saat ini berlangsung di sekolah menengah pertama Kota Madiun, Wakil Walikota Madiun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SMP 1 dan SMP 3 Kota Madiun untuk melihat jalannya UNAS di kedua sekolah tersebut.(Kmf)