Madiun – “Apel Besar dan Silaturahim Bersama Paguyuban Pencak Silat se-Kecamatan Taman dalam Rangka Peningkatan Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat”, demikian nama acara yang berlangsung di halaman kantor Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jum’at pagi (28/4).

Acara dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, Sekda Kota Madiun, Maidi, Lurah se-kecamatan Taman, Wakapolresta Madiun, Kapolsek Taman, dan OPD terkait, dengan peserta apel sebanyak 150 orang, yang terdiri dari perwakilan anggota perguruan silat dan beladiri yang ada di Kota Madiun, serta perwakilan dari anggota TNI/Polri.

Dalam amanatnya, Sugeng menyatakan, bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan dengan cara menjaga ketentraman dan ketertiban lingkungan masing-masing, baik di rumah, di lingkungan RT, di kelompok masing-masing, saling menjaga dan menghargai kelompok lain, tidak melanggar hukum, menjaga suasana aman dan tenteram, menjaga hati untuk tidak terprofokasi, cepat marah dan tersinggung.

Wawali juga mengajak untuk memupuk sifat kegotongroyongan, peduli sesama, peduli lingkungan.

“Dengan kita berkumpul di sini, menunjukkan bahwa kita peduli. Dan setelah dari sini, kita bawa momen ini di lingkungan kita masing-masing. Mari kita ubah, dari yang cuek menjadi lebih perhatian, lebih optimis terhadap lingkungan sekitar kita, untuk dibawa ke masa depan yang lebih baik, maju dan sejahtera.”

Acara dipadukan dengan penyerahan hadiah lomba poskamling terpadu tingkat Kecamatan Taman, dengan juara I diraih Kelurahan Manisrejo, juara II Kelurahan Taman dan juara III Kelurahan Mojorejo.

Setelah penyerahan hadiah, acara dilanjutkan dengan foto bersama, makan pagi bersama, dan kerjabakti membersihkan lingkungan sekitar Kantor Kecamatan Taman.

Diwawancarai secara terpisah, wawali menambahkan bahwa pemerintah Kota Madiun mendorong kerjasama yang erat antara 3 pilar (Pemda, TNI, Polri) serta tokoh masyarakat/agama, sebagai keteladanan untuk menjadikan kondisi yang menyejukkan.

Sementara itu, Camat Taman, Doris, ditanya harapannya dari acara ini, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menciptakan situasi Kecamatan Taman yang aman dan tertib, dan pada hari ini (kemarin), melaksanakan kegiatan bersama dengan seluruh jajaran TNI, Polri, Paguyuban Pencak Silat yang ada di Kecamatan Taman.

“Untuk program poskamling plus atau poskamling terpadu, sudah dilaksanakan mulai bulan maret kemarin, yang merupakan gagasan dari Bapak Kapolreta Madiun, yang akan melibatkan seluruh elemen paguyuban pencak silat.” Tutur Doris

Lebih lanjut Doris juga menambah berharap dari acara ini akan menciptakan semangat kekeluargaan, persaudaraan, seluruh elemen masyarakat, khususnya seluruh perguruan pencak silat di Kecamatan Taman. (kmf)