Madiun – Pemanfaatan TIK dalam peningkatan kinerja pemerintah dipandang perlu oleh Pemerintah Kota Madiun.
Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, pemkot menggelar Pelatihan SDM Bidang Informasi dan Komunikasi, hari ini, selasa (21/3), di Ruang 13 Sekretariat Daerah Kota Madiun.
Acara ini diikuti sebanyak 33 orang terdiri dari 1 orang perwakilan dari masing- masing kelurahan dan 2 orang perwakilan dari masing- masing kecamatan se Kota Madiun.
Sedangkan narasumber acara ini adalah Petugas Pengelola Website Pemerintah Kota Madiun, Relawan TIK, serta dari PANDI Jakarta.

Sebagaimana Program yang dicanangkan Pemerintah sejak Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi publik, dimana menuntut Aparatur Sipil Negara (ASN) berkewajiban untuk melaksanakan Roda Pemerintahan yang baik dan benar.
Selain itu, terlepas dari beragamnya definisi tentang e-Government, esensi yang terpenting adalah memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kinerja instansi Pemerintah.
Dalam hal ini peningkatan kinerja meliputi tercapainya Tata Pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien, transparan, baik dalam pengelolaan Internal maupun dalam pelayanan kepada Publik (Good Governance).
e-GOVERNMENT itu sendiri sebenarnya sudah sejak lama dicanangkan oleh Pemerintah, namun dalam pelaksanaannya tidak semudah yang diperkirakan.
Banyak hambatan yang dihadapi di dalam implementasinya, khususnya di Pemerintah Daerah itu sendiri. Seperti misalnya permasalahan SDM yang menjalankan Implementasi Teknologi Informasi pada e-GOVERNMENT menjadi penyebab utama selain penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan lembaga yang menangani Implementasi tersebut.
Oleh karena itu, Pemerintah Kota Madiun dalam rangka mewujudkan GOOD GOVERNANCE tersebut berupaya melakukan pelatihan-pelatihan bagi SDM ASN dan salah satunya Pelatihan Pengelolaan Website.
Pelatihan ini juga sebagai upaya mensinergikan kebijakan Kementrian Komunikasi dan Informatika melaluiProgram Kegiatan Penggunaan Nama domain Indonesia.
Tujuan daripada penggunaan nama domain Indonesia adalah untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di Internet dan mempunyai pengaruh dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Jangka Pendek nya yaitu mendorong optimalisasi akses internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal. Sedangkan jangka panjangnya adalah membuat akses internet menjadi lebih murah.
Kepala Bidang Pengelolaan TIK, Zawawi dalam sambutan ketika membuka acara tersebut menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Madiun terus berupaya memberikan informasi maupun kebijakan yang diperlukan oleh masyarakat secara lebih mudah diakses, murah dan lebih cepat.
“Saat ini Pemkot juga telah melaksanakan penyebaran Informasi lewat website Pemerintah Kota Madiun yang bisa diakses dimana saja, dan didalamnya memuat informasi-informasi kegiatan pembangunan yang ada di kecamatan maupun kelurahan se kota Madiun.” Jelas, Kabid Pengelolaan TIK, Zawawi. (Kmf)