MADIUN – Tradisi bersih desa masih dilestarikan oleh warga Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Seperti yang digelar pada Minggu (7/10). Masyarakat berkumpul di Lapangan Kanigoro merayakan puncak kegiatan bersih desa di wilayah tersebut.

Berbagai kesenian tradisional unjuk gigi dalam acara yang diselenggarakan sejak pukul 08.00 itu. Empat grup Reog dari Kelurahan Kanigoro dan Perumahan Asabri Selo tampil memeriahkan acara. Begitu pula dengan kesenian Jaranan Pilang Saputra dari Kelurahan Pilangbango yang tak kalah dinanti para pengunjung.

‘’Ini merupakan suatu cara nguri-uri budaya di Kelurahan Kanigoro. Untuk itu kami tampilkan kesenian khas wilayah ini,’’ tutur Plt Lurah Kanigoro Sumiran.

Menurut Sumiran, kegiatan hari ini digelar hingga siang. Harapannya, bersih desa tak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat. Tetapi juga sebagai upaya pelestarian agar dapat diteruskan oleh para generasi muda di masa yang akan datang.

Selain acara puncak, sebelumnya masyarakat Kelurahan Kanigoro juga telah mengadakan kegiatan lainnya. Yakni, kirim doa bersama di Bulan Suro dan ziarah makam. Selain itu, mereka juga menggelar kesenian barongan. ‘’Setiap RW juga mengadakan selamatan bersama di Punden,’’ imbuhnya. (ws hendro/irs/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun