MADIUN – Pendekar asal Kota Madiun dipastikan bakal turut meramaikan Yogjakarta Championship Oktober ini. Itu dipastikan setelah belasan atlet yang akan turun sowan Walikota Madiun, Rabu (3/10/2018). Tujuannya sederhana, meminta restu demi kelancaran keikutsertaan kejuaraan pencak silat tingkat nasional kali ke empat tersebut.

‘’Kunjungan kami bukan sekedar meminta restu. Tetapi juga audiensi dengan bapak walikota terkait petunjuk maupun arahan yang nantinya berguna bagi kami,’’ kata sekretaris kontingen Yulianto.

Dia menyebut terdapat 12 atlet pencak yang bakal turun. Belasan atlet tersebut merupakan pelajar dari berbagai sekolah di kota pecel. Baik SMA maupun SMP. Dukungan walikota tentu menjadi semangat tersendiri bagi atlet. Apalagi, kejuaraan cukup bergengsi. Tingkat nasional. Sebaliknya, beban moril cukup besar dipundak atlet. Itu wajar lantaran Kota Madiun dikenal dengan sebutan kampung pesilat. Berbagai perguruan silat lahir dan besar di kota ini.

‘’Audiensi juga dihadiri ketua Koni, jadi kami juga bisa sharing terkait banyak hal. Ini tentu bermanfaat bagi kami dan KONI khususnya IPSI,’’ terangnya sembari menyebut jarang sekali pembinaan dari IPSI.

Ketua Koni Kota Madiun Joko Susilo menyambut baik semangat atlet Kota Madiun dalam nguri-nguri budaya warisan leluhur ini. Salah satunya, dengan turut meramaikan kejuaran. Tingkat nasional pula. Pihaknya berharap atlet dapat memberikan yang terbaik. Juara dan prestasi urusan belakangan. Terkai IPSI Joko menyebut bakal segera melakukan komunikasi dan koordinasi.

‘’Tentu ini akan menjadi evaluasi kami. Apa yang kurang akan segera diperbaiki,’’ katanya.

Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto berharap atlet-atlet asal Kota Madiun ini terus berkarya ke depan. Artinya, tidak hanya pada kejuaraan kali ini. Namun, dapat mengikuti berbagai kejuaraan lain. Apalagi, atlet-atlet ini masih tergolong muda. Masih memiliki banyak kesempatan. Walikota juga berpesan kepada KONI untuk terus memantau bakat-bakat muda Kota Madiun. Terutama bidang pencak silat.

‘’Kota Madiun banyak memiliki talenta-talenta muda. Ini merupakan aset, harus terus didampingi,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun