MADIUN – Upaya menekan angka pengangguran terus digenjot oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun. Salah satunya, bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk menyediakan informasi terkait lowongan pekerjaan. Juga, memberikan fasilitas ruangan untuk perusahaan yang membutuhkan lokasi tes.

Misalnya seperti kegiatan yang dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Kamis (13/9). Untuk merekrut karyawan baru pada program Mekaar, mereka menggunakan ruangan di Disnaker sebagai area seleksi. ‘’Ada 18 orang yang mendaftar,’’ ujar anggota tim seleksi PT PNM (Persero) Dimas Dwi Yusrianto.

Ada dua jenis seleksi yang dilakukan oleh panitia dari BUMN yang berfokus pada pembiayaan dan pendampingan usaha mikro kecil tersebut. Yakni, psikotes dan wawancara. Masing-masing tes diberikan waktu sekitar 25 menit.

Dimas mengatakan, tahun ini PNM membutuhkan 14 orang untuk ditempatkan di area Madiun dan Magetan. Peserta yang lolos tes juga akan ditempatkan di daerah sesuai domisilinya. Atau, dekat dengan tempat tinggalnya.

Menurut Dimas, PNM memang telah menjalin kerjasama dengan Disnaker cukup lama. Bahkan, MoU dengan Disnaker Provinsi Jawa Timur sudah berlangsung selama satu tahun. Sehingga untuk melakukan seleksi, mereka bisa segera berkoordinasi.

Tak hanya menyediakan lokasi tes, Disnaker juga membantu memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan. Baik bagi warga Kota Madiun sendiri, maupun warga daerah lain di sekitarnya. Biasanya, informasi ditempelkan di kantor Disnaker. Atau, melalui media sosial yang dimiliki oleh dinas tersebut.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto menjelaskan, berbagai upaya dilakukan oleh dinasnya untuk mengurangi angka pengangguran. Tak hanya memfasilitasi perusahaan, tetapi juga menyediakan jobfair bagi masyarakat. ‘’Sehingga, memudahkan para pencari kerja memperoleh informasi,’’ tuturnya.

Hal ini juga sebagai langkah Disnaker untuk mencapai target di 2019. Yakni, angka pengangguran di Kota Madiun 0 persen. Atau, tidak ada lagi angkatan kerja yang menganggur. ‘’Berbagai pelatihan juga diberikan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan wirausaha. Lebih baik lagi jika dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga lainnya yang membutuhkan,’’ jelasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Sumber : https://www.facebook.com/madiuntoday.id/