Perkembangan era digital saat ini secara tidak langsung juga menuntut orang tua untuk melakukan inovasi – inovasi pengasuhan anak/ parenting. Dimana parenting anak di era digital ini diharapkan mampu mempersiapkan anak menjadi pribadi yang mampu menggunakan teknologi digital ke arah positif menuju pengembangan diri.

Perkembangan era digital, selain memberi kemudahan di berbagai aspek kehidupan juga menyebabkan gap (jarak) hubungan antara anak dan orang tua menjadi semakin jauh. Disini peran orang tua sangat penting dalam mengenalkan dunia digital pada anak.

Dalam penggunaan perangkat digital, salah satu bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah sebagai berikut :

  • Orang tua harus tahu perangkat maupun media digital yang digunakan anak. Selain tahu, orang tua juga harus paham cara dan maksud penggunaan media digital tersebut.
  • Penggunaan perangkat digital harus memiliki jadwal. Disini peran orang tua adalah dengan menerapkan jadwa penggunaan perangkat digital, kapan dan dimana bisa digunakan.
  • Dampingi saat anak menggunakan media digital, ini juga sebagai upaya untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan media digital tersebut.
  • Gunakan perangkat digital bersama saat dipinjamkan ke anak.
  • Monitor aktivitas dunia maya anak dan mengunci situs – situs yang tidak layak dengan menggunakan web filtering.
  • Orang tua harus tahu program dan aplikasi yang memberikan dampak positif bagi anak.
  • Sering ajak anak beraktivitas dan bermain/ kontak langsung untuk lebih meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak.

Selain melakukan pengawasan dalam penggunaan perangkat digital, perlu kiranya menanamkan etika penggunaan media digital pada anak. Berikut upaya menanamkan etika tersebut :

  1. Minta anak tidak mengunci tampilan akun agar lebih mudah dipantau
  2. Ajak anak bersikap kritis dalam menerima informasi apalagi informasi yang berasal dari dunia maya.
  3. Gunakan media blog untuk melatih kemampuan menulis anak.
  4. Eksplorasi bakat dan minat anak melalui media yang ada dan jika mungkin bisa dikembangkan melalui media digital.
  5. Berikan punishment dan reward, punishment jika melanggar, dan reward atau berhasil dalam memanfaatkan media digital secara positif.
  6. Memperkenalkan keanekaragaman dan situasi perekonomian
  7. Memperkenalkan etika berkomunikasi di dunia digital. Apa yang bisa di share di dunia maya dan apa yang tidak bisa di sampaikan.

Selain memberikan pengawasan dan menanamkan etika penggunaan media digital, orang tua juga perlu untuk mengetahui dampak negatif apa pada anak yang perlu dihindari dari penggunaan media digital. Secara garis besar dampak negatif dari penggunaan media digital yakni :

  • Tumbuh menjadi pribadi yang egois dan sulit bersosialisasi
  • Kesulitan mengenali emosi
  • Perkembangan otak anak yang tidak seimbang
  • Perkembangan bahasa yang tertunda
  • Aktivitas fisik anak yang berkurang karena bermain digital
  • Sering menahan lapar haus dan keinginan buang air yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

Dengan adanya parenting anak di era digital ini diharapkan mampu mempersiapkan anak menjadi pribadi yang bijak dan handal dalam menyikapi perkembangan dunia digital yang semakin dan secara tidak langsung mampu mencetak generasi penerus bangsa yang mumpuni.